Lihat ke Halaman Asli

Waode Sri Martati Laaji

Prodi Manajemen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Studi Kasus Akuisisi dan Penilaian Jarak Jauh Selama Pandemi Covid-19 pada Universitas di Perancis Tahun 2020

Diperbarui: 23 Juni 2024   11:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Metode perolehan dan penilaian pengetahuan jarak jauh/dokpri

Pada tanggal 16 Maret 2020, sebagai akibat dari krisis kesehatan global yang belum pernah terjadi sebelumnya terkait dengan munculnya bentuk baru virus corona (COVID-19), 74 universitas di Perancis menutup pintunya, memaksa hampir 1,6 juta mahasiswa, serta guru mereka, untuk menemukan solusi dan inisiatif yang dapat menjamin kelangsungan pengajaran. 

Penelitian tentang akuisisi dan penilaian pengetahuan jarak jauh selama pandemi menjadi relevan, dengan Universitas Tours dan Universitas Bouira terlibat dalam mencari solusi untuk tantangan yang dihadapi oleh guru dan siswa.

Tantangan yang muncul menekankan pentingnya inovasi dalam metode pengajaran dan penilaian untuk mencapai tujuan pedagogis yang efektif selama periode ini. Pandemi COVID-19 telah signifikan memengaruhi akuisisi dan penilaian pengetahuan jarak jauh. 

Institusi pendidikan beralih ke pembelajaran online sebagai respons terhadap pembatasan fisik, menyebabkan perubahan mendadak dalam metode pengajaran dan penilaian. 

Dampaknya meliputi transisi cepat institusi pendidikan, tantangan aksesibilitas dan kualitas pembelajaran, gangguan interaksi siswa-guru. Penilaian online, tantangan teknis, dan evaluasi kinerja siswa menjadi fokus dalam penilaian pengetahuan jarak jauh.

Tantangan dalam akuisisi dan penilaian pengetahuan jarak jauh selama pandemi COVID-19 meliputi: transisi mendadak ke pembelajaran online, kesenjangan digital dalam aksesibilitas teknologi, gangguan interaksi siswa-guru, penilaian online yang memerlukan metode yang sesuai, dan evaluasi kinerja siswa yang membutuhkan pendekatan cermat untuk memastikan keadilan dan akurasi.

Secara khusus, tiga masalah bermunculan, mengenai kualitas pendidikan jarak jauh dibandingkan tatap muka pengajaran, penggunaan platform jarak jauh kolaboratif untuk memastikan kelancaran proses pembelajaran, dan, akhirnya, penggunaan alat-alat ini untuk memastikan relevansinya penilaian pengetahuan dan keterampilan siswa.

Profesor Abdeldjalil Ouahabi dari Universitas Tours dan Universitas Bouira, bersama dengan rekan penelitinya, seperti Sbastien Jacques dan Thierry Lequeu, merupakan bagian dari tim peneliti yang melakukan studi tentang akuisisi dan penilaian pengetahuan dalam pendidikan jarak jauh selama pandemi COVID-19. Mereka berkontribusi dalam merancang metodologi penelitian, menganalisis data, dan menyajikan hasil penelitian yang relevan dengan topik tersebut.

Empat kelompok mahasiswa teknik elektronik dan elektro di Prancis dipantau selama periode penahanan untuk memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut. Perkuliahan, tutorial, kerja praktek, dan proyek dilaksanakan menggunakan konferensi video dan alat obrolan Microsoft Teams dan Zoom untuk melengkapi aktivitas yang tersedia melalui lingkungan kerja digital. 

Untuk memastikan kesetaraan di antara semua siswa, terutama mengingat kesenjangan digital, alat/ perangkat lunak/aplikasi akses terbuka telah dipromosikan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline