Lihat ke Halaman Asli

NUR MUHAEMIN NGKAAPO.

PENULIS PARUH WAKTU

Dan Kesibukan pun Makin Akrab

Diperbarui: 30 Maret 2022   18:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Dalam komunikasi, tidak setiap saat kita  akan baik-baik saja. Kita adalah luka bagi orang lain, sebagaimana orang lain adalah luka bagi kita. Betul kata pepatah, diam itu emas. Coba liat dalam kehidupan sehari-hari, orang yang paling cool adalah mereka yang paling jarang menyapa baik itu dichat atau di tempat dunia maya yang lain.

Ditambah lagi kesibukan tinggi yang kita semua miliki, melihat seseorang yang rajin menyapa atau rajin posting di medsos  adalah hal yang aneh, seolah-olah mereka memiliki begitu banyak waktu yang tidak terpakai, dan membuat orang  enggan untuk membaca atau sekedar  mereply postingan tersebut. Akan tetapi menemukan orang yang begitu boros meluangkan waktu memberi penjelasan akan sesuatu juga tidak mudah. Zaman ini adalah zaman untuk sekedar menjawab , OK, butuh dua hari agar waktu kita tidak habis sia-sia. 

Itu untuk mereka yang hidup dikota. Saya yang kemudian tiba-tiba terpental hidup dikampung menemukan bahwa tradisi orang kampung masih suka ngobrol-ngobrol sekedar menanyakan kemana saja tidak kelihatan seharian? Paradox memang, namun demikanlah hidup. Tinggal kita yang memilih skala prioritas dan menyesuaikan diri. Dikampung kita membuang-buang waktu adalah dianggap ramah , dikota dianggap kurang kerjaan dan mungkin tidak punya hal penting yang harus diurusi. 

Bermasyarakat diera digital memang harus cerdas agar kita bisa upgrade diri dan tentu saja tidak merugikan orang lain. Saya kemudian teringat buku best seller “Bicara Itu Ada Seninya” dan memang kita harus bisa menyesuaikan diri dan dengan pada siapa kita berhadapan. Saat ini saya tinggal di kampung,  harus bisa berhadapan dengan kebiasaan dikunjungi oleh tetangga yang sekedar mengobrol untuk hal remeh temeh.

Jika kemudian berhadapan dengan orang kota maka saya harus bisa mengkalkulasi menit-menit yang dimiliki  seseorang jika hendak berkomunikasi.  Menjadi manusia bijak adalah kuncinya. Menyadari faktor geografis diamana berada bisa memperkecil kesalahpahaman. Menjadi orang kota atau orang kampung tergantung kebutuhan masing-masing dari kita. 

Supaya berguna ketika ada dikampung, saya sudah punya program membuka cakrawala guru-guru di daerah  yang juga susah  sinyal tersebut. Mereka begitu tertinggal dengan info yang up to date di dunia pendidikan. Saya menulis buku, dan ada penerbit lokal yang sangat antusias mau menerbitkan. Buku itu saya lihat bahkan belum ada di indonesia.

Buku yang membahas tentang tes PISA secara lengkap yang mana PISA ini sangat  didewa-dewakan oleh pengambil kebijakan pendidikan di negara ini. Saya akan membedah, mengadakan seminar dan workshop agar mereka terbiasa dengan istilah -istilah di PISA, antara lain, disrupsi, era 4.0, masyarakat 5.0 , metaverse dll. Dengan demikian mereka juga bisa menyamai pemahaman guru-guru di belahan dunia lain yang sudah maju.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline