Lihat ke Halaman Asli

Kris Wantoro Sumbayak

TERVERIFIKASI

Pengamat dan komentator pendidikan, tertarik pada sosbud dan humaniora

BTS Meal, dari Demam Korea sampai Propaganda

Diperbarui: 12 Juni 2021   23:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

BTS membintangi menu makanan di McD| Foto: TANGKAP LAYAR YOUTUBE MCDONALDS via KOMPAS.com

Promo di gerai KFC antri, biasa. Mau beli Pizza Hut atau Burger King antri, juga biasa. Di McD antri parah, apa yang salah...?

Kapan lalu, ramai diberitakan (9/6) gerai McD di Solo sesak driver ojol. Kejadian serupa terjadi di Jakarta, Malang dan kota-kota lain. Akibatnya puluhan gerai McD ditutup oleh otoritas berwenang. Apa soal? Para driver ojol mengantri pesanan BTS Meal sampai berkerumun. Hal ini dikhawatirkan menjadi klaster baru penularan Covid-19.

Aku tak hobi jajan fast food. Tak mengidolakan artis korea. Aku bahkan tak tahu organisasi macam apa BTS ini. Aku justru tahu dari murid SD. Warbyasah!

Tak ada yang spesial dari menu yang diburu banyak orang ini. Isinya seperti menu umumnya nugget ayam, kentang goreng, minuman kola dan saus. Bedanya kemasannya berlabel BTS, dan ada saus Korea cajun. Dari keriuhan BTS Meal yang diproduksi McD, simak beberapa kalangan dalam menyikapinya.

Demam artis Korea

Sebagian masyarakat kita, dari anak SD sampai mak-mak, demen hal-hal berbau Korea. Dari drama, grup band sampai bahasanya. Mengapa mereka sangat mengidolakan Korea?

Alasan pertama, mereka ganteng dan cantik. Setuju? Mengutip popmama.com, generasi milenial mengidolakan Kpop/ artis korea karena mereka menggunakan kostum ber warna-warni; menguras emosi penonton melalui video musiknya; jadi inspirasi tentang disiplin, kerja keras dan profesionalisme; menjadi tren mode fesyen; melodi musiknya yang mudah diingat, serta koreografinya yang rumit.

Orang kalau demam, biasanya bicaranya ngelantur, meracau yang tidak jelas. Tak masuk akal. Mirip hal itu, fans fanatik Kpop meniru gaya, membeli serta memakai produk apa pun yang berkaitan dengan idolanya. Ada rasa puas, bangga, dan kenikmatan tertentu kalau membeli produk yang ada label idola. BTS Meal ini misalnya. Baru saja produk McD berkolaborasi dengan BTS diluncurkan langsung diserbu banyak orang seperti rebutan bansos.

Berikut beberapa fans fanatik Kpop yang berhasil membeli BTS Meal. Ada yang halu supaya wajahnya berubah mirip idolanya, maupun sekedar pamer. Tak punya perasaan. Apa ndak kasihan orang yang ndak kebagian ya? Terlalu.

ARMY yang halu, mimpi wajahnya bisa berubah seperti idola | sumber: Instagram/dagelan, olah gambar: KRAISWAN

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline