Lihat ke Halaman Asli

Kris Wantoro Sumbayak

TERVERIFIKASI

Pengamat dan komentator pendidikan, tertarik pada sosbud dan humaniora

Saat-saat Mengesankan (Bahasa Kasih-2)

Diperbarui: 12 Juni 2020   11:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi saat-saat mengesankan dengan pasangan, foto: kumparan.com

Lima jam bersama pacar saya terasa lima menit saja. Itu karena saya menikmati saat-saat mengesankan bersamanya. Ada saja hal-hal yang kami obrolkan, dari topik ringan sampai berbobot. Saya merasa dikasihi.

"Bill penyedia sandang dan pangan yang baik, tapi ia tidak menyediakan waktu buat saya. Apa gunanya rumah, mobil dan perabot mewah kalau kami tidak punya waktu untuk dinikmati bersama?" Dari sini Dr. Chapman menangkap bahasa kasih bagi Betty Jo, yaitu saat-saat mengesankan bersama Bill.

Saat-saat mengesankan berarti memberikan kepada pasangan perhatian yang sepenuhnya, bukan sambil mengerjakan sesuatu atau sambil lalu. Apabila kita duduk dengan pasangan kita dan selama dua puluh menit memberi perhatian sepenuhnya dan ia melakukan hal yang sama, kita sedang memberi dua puluh menit dari kehidupan kita.

Masih tentang Bill. Ia menceritakan sejarah kedudukan di perusahaannya, bagaimana ia bekerja keras, dan betapa bangga akan pencapaiannya. Bill memberitahukan impian-impiannya, dan suatu kelak akan berada di posisi yang dia inginkan. "Apakah kau ingin di sana sendirian atau dengan Betty Jo?", Dr. Chapman menanggapi.

Tentu saja Bill ingin bersama Betty Jo. Itulah mengapa Bill sakit hati saat istrinya mengecam karena menghabiskan waktu di tempat kerja. Padahal semua itu dilakukan untuk kebahagiaan mereka, tapi Betty Jo selalu negatif. Bill belum menyadari bahwa bahasa kasih Betty Jo adalah saat-saat mengesankan, ke pertunjukan musik, misalnya.

Bill harus menyediakan waktu berkualitas bagi Betty Jo. Ia harus mencintai istrinya dengan bahasa kasih yang tepat. Dr. Chapman memberinya projek, menuliskan hal-hal yang Betty Jo ingin lakukan bersamanya.

Adakah pembaca bernasib sama seperti Bill? Anda sudah merasa dikasihi dan mengasihi, namun pasangan Anda tidak?

Bill memasukkan Betty Jo ke dalam daftar rencananya. Maka, jika kelak Bill tiba pada tujuannya, istri dan anak-anaknya akan bersamanya. Tahun-tahun berlalu dalam hidup Bill dan Betty Jo. Bill jadi penggemar pertunjukan musik klasik, sehingga bisa menemani istrinya. Sedang Betty Jo membuat daftar dalam bukunya tentang hal-hal yang ia hargai dari suaminya. Bill tidak pernah bosan mendengar kata-kata itu. Betty Jo tahu bahwa ia nomor satu dalam hidup suaminya.

Beberapa aspek yang perlu dipahami dari saat-saat mengesankan adalah kebersamaan, percakapan mengesankan, belajar berbicara, mengenali tipe-tipe personalitas, dan aktivitas mengesankan.

Chapman menyarankan hal-hal praktis yang mungkin bisa Anda praktikkan dalam percakapan mengesankan. 1) Apabila pasangan Anda sedang berbicara, usahakan agar Anda menjaga bahwa Anda saling memandang. 2) Dengarkan pasangan Anda, hanya dengar, bukan sambil melakukan hal lain. 3) Dengarkan pasangan untuk mengetahui perasaannya. 4) Perhatikan bahasa tubuhnya. 5) Menolak untuk menyela.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline