Lihat ke Halaman Asli

Kiblat dari Kota Paris

Diperbarui: 23 November 2016   03:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Menara Eiffel': pixabay.com

Pergantian tahun sebentar lagi tiba. Di tahun 2017 yang akan datang, apakah Anda memiliki keinginan berlibur mengunjungi tempat-tempat tertentu untuk rekreasi, pengembangan diri, mempelajari keunikan daerah atau merencanakan pernikahan di tahun yang baru dengan menikmati bulan madu di kota yang indah dan romantis? Dalam merencanakan liburan, menentukan destinasi wisata adalah hal yang harus dilakukan.

Paris salah satu pilihan wisata bagi masyarakat modern untuk mengisi hari libur atau merayakan bulan madu. Paris merupakan kota dengan bangunan-bangunan bersejarah, kereta bawah tanah peninggalan masa silam, perahu-perahu yang dapat menemani perjalanan wisatawan di atas aliran air sungai yang mengalir tenang sebagai jalanan kota serta tersedia hidangan-hidangan kuliner khas negeri Perancis.

Paris memiliki perbedaan arah mata angin dengan Indonesia yang juga menyebabkan perbedaan arah kakbah. Liburan ke kota Paris yang berbeda arah mata angin tersebut, membutuhkan pengetahuan dan alat-alat pendukung dalam perjalanan wisatawan sehingga perjalanan menjadi praktis, mudah, nyaman, aman serta bagi umat muslim tetap dapat menjalankan ibadahnya di saat sedang menikmati liburan. Berikut alat-alat teknologi pendukung serta hal-hal yang perlu diketahui untuk traveling ke kota Paris:

1. Persiapan Agenda Liburan

Liburan ke kota Paris membutuhkan kesiapan dan anggaran dana agar tidak mengganggu anggaran dana dari rencana lain. Untuk mempersiapkan anggaran dana, calon wisatawan memerlukan pengelolaan jadwal liburan seperti memilih, menyesuaikan dan menentukan agen perjalanan wisata, tiket pesawat, akomodasi penginapan dan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan selama liburan di Paris.

Memilih dan menentukan agen perjalanan yang menyediakan pemandu tur, asuransi perjalanan wisata dan jasa pengurusan visa merupakan salah satu cara yang praktis serta mudah dilakukan. Saat ini, banyak aplikasi dari agen-agen perjalanan yang dapat dipasang pada smartphone yaitu aplikasi yang menawarkan paket-paket perjalanan wisata ke berbagai negara termasuk negara yang ada di benua Eropa sehingga mempermudah calon wisatawan untuk memperoleh informasi mengenai jadwal dan biaya yang ditawarkan dari agen-agen perjalanan.

Bagi masyarakat yang merencanakan liburan tanpa mengikuti tur dari agen perjalanan wisata, masyarakat dapat mencari agen tiket pesawat terbaik di kota Anda, referensi tempat-tempat penginapan dan tempat-tempat yang akan dikunjungi di Paris dengan menggunakan smartphone sehingga Anda dapat menyesuaikan bujet dari harga tiket penerbangan serta jadwal yang sesuai dengan waktu libur. Menyimpan peta Paris secara offline akan sangat membantu wisatawan untuk menghindari kesalahan arah perjalanan di kota Paris pada saat jaringan internet tidak tersedia.

Setelah mendapatkan informasi-informasi yang diperlukan, Anda dapat menyusun agenda wisata dari aktivitas-aktivitas yang akan dilakukan di kota Paris. Agenda wisata dapat dimulai dari keberangkatan di pesawat hingga kepulangan ke Indonesia sehingga Anda tetap dapat menjalankan ibadah selama perjalanan wisata serta menghindari biaya konsumsi berlebih. Agenda wisata yang telah disusun dapat disimpan pada smartphone dengan mengaktifkan alarm sebagai pengingat dari aktivitas-aktivitas yang akan dilakukan.

2. Aktivitas-aktivitas Wisata di Kota Paris

Aktivitas perjalanan wisata dimulai selama berada di dalam pesawat menuju ke kota Paris yang kurang lebih 16 jam menggunakan pesawat dari maskapai penerbangan tertentu. Perjalanan dapat lebih lama, tergantung dari jumlah transit dan panjang waktu transit dari maskapai penerbangan yang Anda pilih. Untuk mengisi waktu di perjalanan yang panjang sehingga liburan Anda jadi lebih berkesan, Anda dapat melakukan beberapa aktivitas yang tidak biasa dilakukan pada keseharian.

Aktivitas yang dapat dilakukan selama berada di pesawat seperti beribadah dalam pesawat, menulis dengan menggunakan laptop atau tablet pada offlinemode, membaca majalah atau buku yang disediakan maskapai penerbangan, menikmati cemilan khas pesawat, mengambil foto atau video memakai kamera digital dengan pemandangan angkasa sehingga terlihat lebih berwarna dan eksotis, mendengarkan musik dengan headphone yang memiliki kualitas suara yang jelas dalam pesawat atau mengistirahatkan tubuh dengan tidur di kursi pesawat.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline