Lihat ke Halaman Asli

Wanda Syahrina

Mahasiswa pendidikan S1 Farmasi fakultas Farmasi universitas muhammadiyah banjarmasin

Edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat dengan Arahan Cuci Tangan yang Baik dan Benar

Diperbarui: 4 September 2023   13:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar 01 Konten Kompasiana Kegiatan 


Konten Kompasiana ini dibuat di Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah di Desa Biih Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan, dengan judul "Edukasi PHBS (perilaku hidup bersih dan sehat) salah satunya dengan cara memberikan arahan cuci tangan yang baik dan benar".  Yang dibina DPL apt. Herda Ariyani, M.Farm (Universitas Muhammadiyah Banjarmasin) dengan mahasiswa KKN-7 Tematik Stunting Wanda Syahrina (Universitas Muhammadiyah Banjarmasin). 

Pembuatan konten ini bertujuan agar siswa/i  dapat  meningkatkan kesadaran cuci tangan menggunakan sabun sebagai sanitasi dalam pencegahan stunting untuk menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan sejak dini. Pentingnya menjaga perilaku hidup bersih dan sehat pada anak sejak dini agar dapat meningkatkan kualitas kesehatan anak  dan menambah wawasan, dengan membiasakan diri hidup bersih sehat dan terhindar dari berbagai bakteri dan virus.  Saya menggambil program kerja ini dengan sasaran siswa/i Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah kelas 4 dengan jumlah sebanyak 20 siswa/i. 

Gambar 02 Konten Kompasiana bersama siswa/i

kegiatan ini dibantu dengan menggunakan media Power Point karena lebih menarik dan lebih mudah dalam penyampaian materi edukasidan juga mengarahkan perhatian siswa/i. Power Point yang berisi penjelasan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), tahapan cuci tangan yang baik dan benar. Setelah itu, menampilkan vidio Edukasi agar menambah pengetahuan mengenai Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Meningkatkan kesadaran dengan adanya perubahan perilaku yang diukur melalui pretest dan posttest yang diberikan.

Gambar 03 Konten Kompasiana Pemberian Pretest dan Postest

Diakhiri dengan pengadaan tempat cuci tangan dan sabun,  sebagai sarana cuci tangan siswa/i dan penempelan poster dibeberapa tempat Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah. Meningkatkan pengetahuan siswa/i mengenai stunting dan pola hidup sehat salah satunya dengan cara cuci tangan yang baik dan benar. Dengan adanya 6 tahapan mencuci tangan dapat diaplikasikan dalam kesehariannya disekolah maupun dirumah. Artikel ini di tayangkan di kompasiana pada hari Jumat, 11 agustus 2023

Gambar 04 Konten Kompasiana Penempelan Poster Tahapan Cuci tangan

Gambar 05 Konten Kompasiana praktek langsung cuci tangan




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline