BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Semakin berkembangnya zaman, dunia pendidikan khususnya diberikan tuntutan untuk dapat berkontribusi dalam mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang lebih berkualitas. Berhasilnya dunia pendidikan menjadi sebuah harapan besar bagi seluruh masyarakat daerah maupun wilayah kota. Maka dari itu, saat ini kompetensi yang dimiliki oleh guru menjadi salah satu faktor yang dapat memengaruhi tercapainya tujuan pembelajaran dan kualitas pendidikan di sekolah.
Di era digital yang semakin berkembang, teknologi telah menjadi bagian penting yang tidak dapat dipisahkan dalam segi kehidupan terutama dalam dunia pendidikan. guru harus mampu beradaptasi dari setiap perkembangan teknologi yang terjadi. Guru harus mampu memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran yang digunakan untuk menyampaikan materi pembelajaran yang lebih menarik sehingga dapat meningkatkan interaksi antara guru dan siswa, serda dapa mendorong kreativitas dan antusias siswa dalam proses pembelajaran yang berlangsung.
Dengan perkembangan teknologi ini, tentunya akan banyak tantangan yang terjadi dalam pendidikan, siap atau tidak siap, dengan pesatnya perkembangan teknologi, pendidikan harus mampu menyesuaikan perkembangan tersebut. Hal tersebut yang harus menjadikan seorang guru untuk dapat memiliki kompetenssi yang harus dikuasai, sebagaiman hal tersebut merupakan salah satu tugas utama bagi seorang guru. Dimana ada beberapa kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru, yang mana salah satunya adalah kompetensi pedagogik.
Kompetensi pedagogik guru merupakan kompetensi yang berkaitan dengan kemampuan seorang guru dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran yang dilakukan. Menurut Undang Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen, Kompetenssi pedagogik ini sangatlah penting untuk dapa menciptakan proses pembelajaran yang lebih berkualitas. Dengan hal ini, Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) sangatlah berperan penting dalam mendukung pengembangan kompetensis pedagogik guru dengan memberikan fasilitas atau menyediakan sumber daya, pelatihan, dan tentunya dukungan yang dibutuhkan.
Dalam pembelajaran, peran media sangatlah penting untuk dapat meningkatkan semangat dan pemahaman peseta didik terhadap materi yang dipelajari. Dengan memanfaatkan media pembelajaran berbasis teknologi, peserta didik akan lebih antusias terhadap pembelajaran yang dilakukan. Oleh karena itu, guru harus mampu memanfaatkan dan menggunakan teknologi yang dapat meningkatkan proses pembelajarn yang menyenangkan bagi peserta didik, sehingga dapat meningkakan hasil belajar peserta didik.
Namun, meskipun sudah tersedianya teknologi, terkadang masih terdapat tantangan-tantangan yang terjadi dalam menerapkannya di kelas. Terdapat beberapa guru seringkali mengalami kesulitan dalam memanfaatkan teknologi secara optimal yang mana banyak disebabkan oleh kurangnya pelatihan ataupun pemahaman tentang cara pengoprasian teknologi dalam pembelajaran.
Dengan hal ini, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana Kompetensi Pedagogik Guru dalam memaanfaatkan teknologi pada proses pembelajaran di SDN Serang 14 serta bagaimana peran Manajemen Berbasis Seklah dapat mendukung Pengembangan Kompetensi Pedagogik guru tersebut.
B. Rumusan Masalah