Lihat ke Halaman Asli

Roy Suryo: "Saya Ini Scientific!"

Diperbarui: 16 September 2016   08:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber: detiknews

Sosok ini sungguh dari sejak era beliau menjadi menteri dengan keahliannya sebagai pakar IT dan sampai saat ini selalu saja menimbulkan aksi aksi yang cukup kontroversial. Entah kenapa beliau bersikap seperti itu. Sampai ada banyak cerita di dunia medsos, bahwa beliau (katanya) sempat diusir keluar dari pesawat lion air oleh sang pilot karena menyerobot jatah kursi yang sudah milik orang lain, kejadian lainnya adalah saat beliau juga (katanya) tidak hapal dalam menyanyikan lagu kebangsaan kita yaitu lagu Indonesia raya. 

Saat sidang Jessica - Mirna kembali digelar kemarin pada hari Rabu, 15 September 2016, beliau masuk dan nyelonong lalu sambil menunjuk nunjuk hakim dan dengan lantang bicara seperti berikut:

"Saya scientific, dia bohong!" 

Duh, mungkin karena sedang semangat semangatnya, karena sudah lama tidak diberitakan, beliau mengucapkan frase "kebarat-baratan" dengan maksud menunjukkan bahwa beliau seorang ilmuwan. Namun, sayang beliau "keseleo lidah"...:)

Melihat dari frase itu berarti jika penulis coba terjemahkan, beliau menyatakan seperti ini: "Saya ini ilmu pengetahuan". Wah, jika begitu, maka patut dipertanyakan keilmuan beliau sebagai pakar IT di Indonesia.

Bahasa asing memang sering kita jumpai di dalam kehidupan kita sehari hari dalam pergaulan, terutama bahasa Inggris. Ini sangat lumrah terjadi, karena bahasa ini adalah bahasa internasional.

Jika seseorang banyak menggunakan istilah istilah dalam bahasa Inggris di setiap percakapannya, maka, umumnya, orang tersebut akan dianggap "Wah dan pintar" dikalangan masyarakat.

Sayangnya, terkadang, kita sering mendengar juga, bahwa orang orang yang menggunakan frase asing ini salah dalam menempatkannya/menggunakannya ketika istilah itu digabung dengan bahasa ibu kita yaitu bahasa Indonesia.

Penulis pun kemudian tersenyum saat melihat, membaca dan sedikit mendengar ucapan yang keluar dari mulut seorang mantan pejabat setingkat menteri. Maksudnya mau keren kerenan, tapi akhirnya justru membuatnya menjadi agak sedikit malu sendiri.

Salam

Author

Agus Walliet




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline