Lihat ke Halaman Asli

Ayo Wasit Sepakbola Indonesia, Jadilah Wasit yang Profesional

Diperbarui: 14 Januari 2016   21:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber : www.antaranews.com

Salah satu elemen penting dalam pertandingan sepakbola adalah sang pengadil di tengah lapangan hijau. Semua keputusan terletak di pundaknya saat pertandingan berlangsung. Ia berlari hampir sepanjang waktu saat pertandingan berlangsung, tidak boleh lelah, lengah ataupun lalai. Dengan di bantu oleh 2 orang linesman, membuat tugasnya agak sedikit "ringan".

Saat memasuki lapangan, mereka (wasit dan linesman) tahu bahwa misi mereka adalah menjadi pengadil yang menjalankan tugas seadil-adilnya. Memberikan hukuman yang sepantasnya jika memang terjadi pelanggaran yang dilakukan oleh pemain yang saling bertanding.

Tak jarang terjadi, jika di Liga Indonesia, keputusan wasit dianggap salah, dan wasit diuber-uber, didorong dorong, bahkan sampai ada yang dipukul oleh pemain, official bahkan pelatih. Sungguh berat menjadi pengadil di Liga Indonesia, karena hukuman bagi pemain, official dan pelatih  yang berlaku tidak pantas terhadap wasit,  kurang memberi efek jera kepada pemain yang melakukan tindakan tak terpuji tersebut.

Mari kita perhatikan sejenak liga liga luar negeri di kompetisi yang profesional, dimana setiap keputusan wasit adalah mutlak dan tidak ada atau jarang sekali terjadi aksi seperti yang kita temukan di Indonesia.

Ternyata, untuk menjadi wasit top, di Liga Liga Dunia, mereka dilengkapi oleh alat alat yang canggih untuk mendukung performa mereka di lapangan hijau saat bertugas.

Mari kita perhatikan gambar berikut, seperti yang dikutip oleh penulis dari panditfootball.com

Perkembangan teknologi dalam sepakbola sudah lazimnya dinikmati oleh seluruh komponen di dalamnya termasuk oleh para pengadil pertandingan. Peran wasit yang terbilang sakral sudah seharusnya banyak terbantu dengan alat-alat yang dapat mempermudah saat pengambilan keputusan.

Sumber : http://panditfootball.com

Hmm, ternyata untuk menjadi wasit yang profesional, disamping pengetahuan yang lebih tentang permainan sepakbola beserta pelanggaran pelanggarannya, juga harus dilengkapi dengan alat alat atau seperangkat perlengkapan yang jika kita lihat dari harganya, ternyata relatif "mahal"

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline