Lihat ke Halaman Asli

Wakuliner Solusi Kuliner

All-in-one Culinary App

4 Kuliner Empal Gentong Legendaris Asli Cirebon

Diperbarui: 9 Oktober 2019   08:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dok. wakuliner

Heyho Wakulovers! Apa kalian pernah berkunjung ke Kota Cirebon? Salah satu kota di Jawa Barat ini ternyata punya banyak kuliner khas, lho. Beberapa diantaranya yakni nasi jamblang, mie koclok, nasi lengko, bubur sop ayam, dan yang paling populer yakni empal gentong! 

Nah, apakah Wakulovers pernah mencoba kelezatan empal gentong? Kuliner khas Cirebon yang satu ini memang sudah menjadi ikon makanan enak kebanggan masyarakat dari Cirebon. Empal gentong memiliki kuah berwarna kuning yang sangat nikmat jika disantap dalam keadaan panas. Cita rasanya gurih dan menyegarkan di mulut. 

Dari kuahnya saja sudah enak, apalagi jika ditambah dengan isian dari daging sapi pilihan dan beberapa aneka jeroan. Beberapa jeroan yang bisa dipilih seperti babat, usus, limpa, paru. Biasanya, empal gentong dijajakan dengan menggunakan kuali dari tanah liat. Aromanya sangat berbeda karena dipanaskan dengan menggunakan kayu bakar.

Jika Wakulovers berkunjung ke Kota Cirebon, ada 4 penjual empal gentong legendaris yang bisa kalian coba. Berikut adalah daftarnya:

1. Empal Gentong Mang Darma Krucuk
Resepnya sudah berumur sekitar 80 tahun. Namun saat ini sudah diteruskan oleh Putra Mang Darma sejak tahun 1984.

2. Empal Gentong & Empal Asam Amarta
Tempat makan ini telah ada sejak tahun 1997 lalu, menjual empal gentong dan empal asem. Hampir sama dengan empal gentong, empal asem juga menggunakan daging dan jeroan sapi sebagai bahan dasarnya. Bedanya empal asem menggunakan kuah kaldu bening yang gurih, lalu disajikan dengan tomat dan blimbing wuluh supaya rasanya lebih segar. Selain itu tempat ini juga menjual menu sate kambing muda.

3. Empal Gentong H Apud
H Machfud atau akrab disapa Haji Apud sudah membuka warung ini sejak tahun 1993. Sama seperti Amarta, tersedia 2 jenis empal yang dijual di sini, yaitu empal gentong daging sapi & empal asem, dengan ditemani sepiring nasi putih atau potongan lontong.

4. Empal Gentong Dengkil Sapi Mang Kojek
Berjualan sejak tahun 1999. Di sini nasi boleh ambil sesukanya. Menu andalannya adalah empal gentong dengkil sapi (lutut sapi) dan sum sum.

Itu dia 4 rekomendasi penjual empal gentong legendaris di Kota Cirebon. Wajib banget kalian coba saat berkunjung kesana. Kalau sudah coba empal gentong, cobalah kuliner legendaris Cirebon lainnya. Kalian cek saja di Wakuliner. Selamat berkuliner ria! 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline