Lihat ke Halaman Asli

Yuk Kita Cari Tahu Asal-Usul Gado-Gado

Diperbarui: 3 Desember 2018   09:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

by wowkuliner

Gado-gado merupakan salah satu makanan yang berasal dari Betawi. Pada awalnya Gado-Gado hanya berisi sayur-sayuran rebus dan diberi bumbu kacang yang dicampur dengan cabai, irisan telur, dan emping sebagai pelengkap. Akan tetapi gado-gado telah dimodifikasi, banyak yang menambahkan jagung, kentang, tahu, tempe kedalam gado-gado, dan di atasnya diberi taburan bawang goreng.

Istilah gado-gado digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang tercampur dan menjadi satu. Seperti sebutan pernikahan gado-gado yang artinya kedua mempelai memiliki latar belakang suku, ras, agama, dan budaya yang berbeda-beda. Dalam bahasa Jawa, gado berarti makan tanpa nasi. Karena itulah makan gado-gado biasanya menggunakan lontong atau dimakan begitu saja. Gado-Gado kadang juga disebut dengan Indonesian Salad karena isinya hampir menyerupai salad.

Jika dilihat secara sekilas, Gado-Gado, Lotek (Jawa Barat), atau Pecel (Jawa Timur) memiliki tampilan yang mirip. Bumbu kacangnya yang membedakan ketiga makanan tersebut, bumbu kacang gado-gado tidak menggunakan kencur seperti yang digunakan pada Lotek dan Pecel.

Kalian pencinta gado-gado? Kira-kira suka Gado-Gado yang pedas atau tidak nih? Wakulovers bisa menggunakan fitur Wisata Kuliner pada Aplikasi Wakuliner loh untuk mengunjungi tempat gado-gado yang enak dan legendaris di kota favorit kamu. Kunjungi langsungtempat Gado-Gado legendaris di Wakuliner via mobile app kami atau mengunjungi laman kami di wakuliner.com/wisatakuliner. Atau Wakulovers juga bisa menggunakan fitur Kuliner Nusantara untuk memudahkan kamu membeli bumbu gado-gado yang enak. 

Wakuliner, Solusi Kuliner!

Silahkan download di Android & iOS dengan klik disini.

Atau kunjungi website kami di wakuliner.com

Untuk keterangan lebih lanjut, Telepon : (021) 5421 5151 atau HP / WhatsApp : 0811 1738 777




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline