Lihat ke Halaman Asli

Inilah Beberapa Cara Merawat Rambut Kering Untuk Pria

Diperbarui: 25 April 2017   19:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber: keef24.com

Rambut menjadi kering pada kaum pria bisa disebabkan oleh berbagai hal, selain kekurangan nutrisi, rambut kering biasanya juga bisa disebabkan karena penggunaan produk perawatan berbahan kimia dalam jangka panjang. Efek sampingnya rambut menjadi kering dan rusak. Selain itu, rambut kering juga bisa disebabkan karena sering terpapar cahaya matahari. Terlebih kaum pria yang aktif melakukan aktivitas outdoor, sangat penting melindungi rambutnya dengan menggunakan penutup kepala. Berikut ini beberapa solusi untuk rambut kering pada pria:

1. Gunakan shampoo yang mengandung conditioner

Gunakan shampoo yang sesuai untuk jenis rambutmu yang kering, gunakan conditioner untuk membuatnya lebih lembab dan sehat. Bisa juga menggunakan conditioner yang terpisah dari shamponya.

2. Menggunakan minyak alami

Gunakan minyak zaitun, atau minyak kemiri ataupun coconut oil untuk melembabkan rambut sebagai pengganti krim rambut yang telah merusak rambutmu menjadi kering. Bahan alami ini berkhasiat mengembalikan kelembaban rambutmu secara alami. Mudah didapat dan akan membantu memperbaiki masalah-masalah lain pada kulit kepalamu.

3. Gunakan gel lidah buaya

Untuk menyehatkan kulit kepalamu, mengganti rambut yang sudah kering dan rusak dengan rambut yang baru, kamu bisa menggunakan gel lidah buaya. Oleskan gel lidah buaya di kulit kepala secara teratur lalu tunggulah hasilnya dalam beberapa hari. Rambut yang hitam dan sehat akan tumbuh dalam beberapa minggu. Ini bisa menggantikan rambutmu yang sudah kering dan rusak.

4. Gunakan penutup kepala saat aktivitas di luar

Ini yang jarang disadari kaum pria. Cuaca panas di luar bukan hanya merusak kulit, tapi juga rambutmu. Rambut akan menjadi lepek, kering, kasar dan mudah patah. Terlebih lagi jika kamu tidak memakai produk perawatan rambut. Sayangi rambutmu dengan memilih penutup kepala yang fashionable biar kamu terlihat lebih keren.

Rajin membersihkan rambut dari debu dan kotoran. Sisirlah rambut agar terlihat rapi. Rambut yang kering akan mudah berantakan setelah disisir, tapi dengan menggunakan minyak alami dapat membantu rambut lebih mudah diatur dan lebih rapi saat disisir.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline