Lihat ke Halaman Asli

Maulid Nabi Ala PMII Komfaka Ciputat

Diperbarui: 17 Juni 2015   13:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

14211120851144419754

Aula Aspi PMII Ciputat - Sebagai salah satu komisariat di bawah naungan Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Ciputat, Komisariat Fakultas Adab dan Humaniora (Komfaka) mempunyai program-program kerja yang dicanangkan tiap tahunnya. Di antaranya adalah mengadakan peringatan Maulid Nabi yang diselenggarakan Sabtu lalu (9/1/2015) di Aula Aspi PMII Cabang Ciputat, dengan tema Meneladani Perjuangan Rasulullah Saw. melalui Semangat Organisasi.

Acara dibuka dengan penampilan hadroh yang dibawakan oleh anggota dan kader PMII Komfaka.

Selain dihadiri anggota, kader, dan alumni, acara ini juga dihadiri oleh para dosen PMII Komfaka, salah satunya Prof. Chatibul Umam, selaku pendiri PMII cabang Ciputat dan sebagai Dekan ke-3 Fakultas Adab IAIN Jakarta. Dia memberikan testimoni bagaimana mendirikan dan mengembangkan PMII Ciputat khusunya di Fakultas Adab, “Sejarah berjalan demikian cepat, keberadaan PMII di IAIN Ciputat demikian menonjol.”

Ia juga menyampaikan, pada masa itu PMII menjadi organisai terbesar di lingkungan IAIN Ciputat, “PMII menjadi organisasi ekstra mahasiswa terbesar, berimbang dan pernah menjadi yang terbesar di lingkungan IAIN Ciputat.”

PMII juga menjadi sparing partner bagi HMI, “Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) yang sudah terlebih dahulu eksis, cukup terkejut menyaksikan geliat PMII yang diterima dengan tangan terbuka oleh para mahasiswa lama dan baru di IAIN. Sebelum ada PMII, HMI nyaris sendirian “menggarap habis” calon mahasiswa baru dan mahasiswa lama. Keberadaan PMII seakan menjadi sparing partner bagi HMI, sehingga dia bisa bertindak lebih santun dalam merekrut anggota.” lanjutnya

Selain itu, acara ini juga dihadiri oleh Abdul Rosyid, M.A., dosen jurusan Tarjamah yang juga pernah aktif di PMII Komfaka. Beliau didapuk sebagai pengisi malam itu. Dalam guyonannya, PMII itu ada dua, “Anak PMII itu ada dua, gila PMII dan PMII gila,” suasana-pun menjadi riuh.

Setelah acara inti selesai, tim hadroh Komfaka menampilkan salawat, di antaranya adalah salawat Ya Hanana. Pun saat pembacaan Maulid, mereka juga tak segan menabuh-nabuh rebana untuk menambah semangat keislamaan.

Tak kalah serunya, acara ini juga menyuguhkan kolaborasi musikalisasi puisi antara Reky Kurnia dengan Kaula Fahmi di penghujung acara. Reki dengan suara yang lantang membacakan puisi berjudul “Tentang Rasulullah”, sedang Kaula dengan tangannya yang lentik memainkan biola dengan harmonis menciptakan nada-nada lagu al-I’thiraf yang makin menambah kekhusyukan malam itu.

Selaku ketua pelaksana, Dhorifah, mengatakan acara peringatan Maulid Nabii ini, bermaksud untuk merekatkan tali silaturahmi antar sesama anggota dan kader yang sudah jarang bertemu, terlebih dengan para alumni. Dia juga berharap ke depan, acara yang diselenggarakan oleh PMII bisa makin sukses.

“Terima kasih banyak atas bantuan dan partisipasinya dari panitia dan juga para pengisi acara,” sambungnya lagi.

Acara malam itu di tutup dengan pembacaan doa yang di pimpin oleh Kaula Fahmi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline