Lihat ke Halaman Asli

Wakhida Rahmah

Content Writer at byPulsa Indonesia | Freelance Writer

4 Platform Inkubator Bisnis Lokal Terbaik

Diperbarui: 4 November 2021   13:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

ilustrasi via goodnewsfromindonesia.id

Berkarya tidak memandang siapa kita dan dari mana kita berasal. Bahkan untuk dapat berkarya tidak ada batasan usia sama sekali. Semua orang bisa berkarya, tentunya dengan cara masing-masing. Saat ini, banyak orang berbondong-bondong untuk membangun karya milik mereka sendiri dengan berbagai macam cara. Salah satunya, bisnis yang sedang naik daun terutama dikalangan anak muda yaitu membangun start-up.

Namun, pada realitanya bisnis tidak dapat berjalan dengan mudah dan tanpa hambatan. Tidak jarang bisnis yang baru dimulai kehilangan arah dalam proses pertumbuhanya. Maka dari itu, inkubator bisnis menjadi solusi bagi kamu yang ingin memulai bisnis. Nah, disini aku akan merekomendasikan platform inkubator bisnis yang bisa kamu coba.

AYOSTART

Ayostart school of creativepreneur  merupakan sebuah inkubator bisnis lokal yang berasal dari Kota Madiun. Ayostart telah berperan menjadi inkubator bisnis berbagai macam UMKM dengan memberikan pelatihan-pelatihan bagi UMKM dalam membina bisnisnya. Kamu juga bisa mengunjungi akun Instagram ayostart.id untuk melihat prestasi-prestasi UMKM yang telah berhasil membina bisnisnya setelah mengikuti school of creativepreneur di Ayostart. Selain menjadi inkubator bisnis, Ayostart juga menjadi partner dari Job2go.id untuk mengakuisisi lowongan pekerjaan. 

Uniknya, inkubator bisnis satu ini juga memiliki coworking-space yang sangat nyaman dan luas, lho. Mau mulai bisnis? no bingung-bingung club, dengan bergabung di school of creativepreneur kamu akan didampingi dalam membina bisnismu dari nol. Kamu akan diberikan pengarahan untuk dapat menjalankan minat bisnis sesuai bidangmu, lho. Pembinaan ini sudah termasuk pendampingan dalam membangun strategi pemasaran bagi bisnis kamu, lho. Yuk segera bangun bisnismu!

https://www.instagram.com/ayostart.id/

KOLABORASI.CO

Inkubator startup asal Paris Van Java ini berdiri sejak tahun 2013. Kolaborasi.co menawarkan beberapa layanan yang menarik. Seperti, pembuatan pitch deck atau penyamapaian ide dalam bentuk presentasi, pembuatan konten marketing, perencanaan keuangan, dan desain grafis bagi perusahaan rintisan yang bekerja sama dengan Kolaborasi.co. Kolaborasi.co telah berhasil menaungi beberapa startup lokal seperti Crowde dan Collective Found. Crowde merupakan platform pengembang pemodalan petani, sedangkan Collective Found merupakan platform pengembangan investasi.  Yuk bangun start-up mu disini, selamat ber"kolaborasi.co" 

https://www.instagram.com/kolaborasico/

YUKBISNIS 

Dilansir dari website resmi Yukbisnis.com, Yukbisnis merupakan penyedia jasa toko online GRATIS 100% Buatan Indonesia yang memungkinkan kamu bisa memiliki toko online milikmu sendiri hanya dalam waktu 5 MENIT! Disini kamu bisa belajar tentang bisnis bahkan kamu juga bisa sekaligus mengembangkan bisnismu, lho. Yukbisnis menyediakan solusi bagi UKM yang akan merambah ke dunia online dengan fitur-fitur keren. Fitur yang tersedia antara lain, Tema, Live Chat, Hitung Ongkir, Tutorial, Bantuan CS, Multi admin, multi bisnis, Pages, Custom menu, Harga grosir, dropsip, SMS Notification, export, FB Pixel, FB Dynamics ads, Site maps, Integrasi domain, Google analytics, Free ongkir, rekening Bersama, Slide bar, custom product, Diskon, Coupon. YukBisnis memiliki website resmi dan juga akun Instagram, lho. Jadi kamu bisa mengikuti perkembangan informasi yang di-update yukbinis. Menariknya, Engine Yubi 2.0 sudah mengikuti kaidah-kaidah SEO, sehingga membuat toko kamu mendapatkan prioritas oleh mesin pencari google. Yuk bawa terbang UKM mu kedunia digital!

https://www.instagram.com/yukbisniscom/

INDIGO

Indigo merupakan sebuah program inkubasi bagi startup yang dilengkapi dengan program pengembangan startup end-to-end. Dimulai dengan menumbuhkan kreativitas di tahapan pre-startup, akselerasi startup hingga pada program strategi bisnis dan investasi follow-on-funding. Indigo tumbuh sebagai program inkubasi startup dalam naungan PT. Telkom melakukan rebranding Indigo untuk menjawab tantangan perubahan untuk mempercepat perkembangan ekosistem startup dan pertumbuhan ekonomi digital Indonesia. Indigo memiliki bergerak untuk mencari ide digital kreatif karya anak bangsa di berbagai daerah. Usia Indigo telah menginjak 8 tahun dan telah membina 52.276 talenta digital yang tersebar di 17 IndigoSpace di seluruh Indonesia. Indigo juga telah berhasil membina 194 startup dari 15 jenis industri.

https://www.instagram.com/indigo.telkom/




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline