Lihat ke Halaman Asli

Mobil Diesel Anda Mengalami Overheat? Berikut Ini Solusi untuk Menghindari Diesel Overheat

Diperbarui: 5 Maret 2021   09:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Penyebab overheat pada mesin diesel biasanya lebih banyak dari mobil bensin, Karena diesel bekerja lebih berat dari pada mobil bensin. Overheat ini bukan suatu hal yang harus dianggap wajar, malahan overheat harus dicegah dan mencari tahu solusinya. 

Oveheat dapat menyerang mobil dengan jenis apapun. Tentu saja sebagian besar orang pasti akan panik saat overheat terjadi, apalagi yang baru pertama kali kena overheat. Banyak penyebab mesin diesel overheat, berikut ini penyebab dan solusinya.

  • Kebocoran Radiator

Kebocoran pada radiator mengakibatkan radiator kekurangan cairan coolant. Cairan coolant berfungsi untuk mendinginkan mesin, proses pendinginan mesin diesel akan terganggu jika volume coolant berkurang secara drastis. karena itu kita harus mengecek cariran coolant secara berkala. Kalau radiator sudah mulai kekurangan cairan coolant, anda perlu mengecek kemana air radiator menghilang. Cari tahu juga penyebab menghilangnya air radiator, apakah karena kebocoran atau tutup pada radiator bermasalah.

  • Kipas Radiator Bermasalah

Disaat komponen ini rusak, proses pendinginan pada mesin diesel akan terganggu. Karena itu anda perlu melihat apakah kipas bisa berputar dengan normal, tidak terbalik posisi pemasangannya. Kalau kipas radiator tidak berputar, biasanya masalahnya bersumber pada kelistrikan mobil.

  • Injektor Diesel Terblokir

Untuk masalah yang satu ini anda perlu pergi ke bengkel untuk diperbaiki oleh teknisi profesional yang sudah berpengalaman. Anda perlu melakukan tune up secara berkala agar terhindar dari masalah ini.

  • Termostat Rusak

Pada termostat terdapat katup yang membuka dan menutup untuk mengatur suhu mesin. Kalau termostet rusak, termostat tidak bisa memberitahu kapan mesin sudah terlalu panas, dan tidak bisa memulai pendinginan.

  • Selang Radiator Rusak

Gangguan pada fungsi radiator menyebabkan mesin diesel mengalami overheat. Jika selang radiator pecah, maka akan menyebabkan cairan coolant tidak bisa masuk ataupun keluar dari mesin dan sistem pendinginan terganggu.

  • Oli Mobil Kualitasnya Jelek

Untuk oli mobil anda perlu memperhatikan dengan baik, agar mobil tidak cepat rusak atau overheat. Kalau oli yang dipilih tidak melumasi mesin dengan sempurna, Dan gesekan yang terjadi antar komponen mesin menyebabkan panas yang berlebih. Panas yang dihasilkan dari komponen ini tidak dapat didinginkan oleh sistem radiator.

Begitulah penjelasan tentang penyebab overheat pada mesin diesel dan juga solusinya. Semoga blog ini dapat berguna bagi semua orang. Lebih baik berhati-hati, dari pada tidak peduli sama sekali.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline