Lihat ke Halaman Asli

Mencari Pelumas Mesin Terbaik? Berikut Ini Tipsnya

Diperbarui: 2 Maret 2021   14:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sebagian orang yang belum mempunyai pelumas pilihannya, biasanya masih ragu akan pelumas yang dibeli. Pelumas mesin dengan merk ternama belum tentu cocok untuk kendaraan anda, karena setiap mesin mobil memiliki spesifikasi yang berbeda. Untuk itu anda perlu mengetahui ciri-ciri dari pelumas mesin terbaik. Kali ini akan dijelaskan Tips memilih pelumas mesin mobil terbaik dari ciri-cirinya sebagai berikut :

  • Memiliki Sertfikasi

Sertifikasi berguna sebagai pengakuan yang diberikan oleh dunia untuk sebuah produk yang menandakan bahwa produk tersebut sudah memiliki kualitas diatas rata-rata. Hal ini juga berlaku dengan pelumas mesin, dengan begitu anda juga harus memilih pelumas mesin yang memiliki sertifikasi.

  • Oli Rekomendasi Pabrik

Untuk kendaraan keluaran baru pasti punya rekomendasi yang cocok untuk jenis oli yang digunakan mobil tersebut. Ada baiknya juga anda menggunakan oli atau pelumas yang direkomendasikan sesuai anjuran pabrik mobil. Dengan begitu, kendaraan anda akan terawat dan tidak cepat rusak.

  • Menghindari Oli Curah

Sekarang ini banyak bengkel yang tidak resmi menawarkan produk oli curah. Apa itu oli curah? Oli curah adalah jenis oli dibawah rata-rata dari oli yang lainnya. Kualitas dari oli ini juga belum tentu terjaga dengan baik.

  • Mengetahui Teknologi Mesin Mobil

Saat memilih pelumas mesin mobil terbaik anda juga perlu mengetahui teknologi yang ada pada mesin anda. Dengan mengetahui teknologi yang ada pada kendaraan, anda dapat mengetahui sekiranya jenis dan merk oli yang cocok untuk kendaraan anda. Anda juga dapat bertanya pada bengkel resmi untuk mendapatkan informasi yang lengkap.

  • Memperhatikan Usia Mobil

Usia dari mobil anda juga dapat menentukan anda untuk mendapatkan pelumas mesin terbaik. Anda juga dapat mengetahui tingkat kekentalan yang cocok untuk mobil dan sesuai dengan usia mobil. Anda juga dapat mengetahui tingkat kekentalan yang cocok untuk mobil dan sesuai dengan usia mobil. Anda dapat mengetahui usia mobil anda dari tahun mobil itu di produksi. Sebaik apapun perawatan yang diberikan, seiring pemakaian pasti akan terjadi keausan pada komponen-komponen mekanikal di dalam mesin akibat saling bergesekan.

  • Mengetahui Tingkat Kekentalan

Tingkat kekentalan juga akan berpengaruh saat melumasi komponen kendaraan anda. Kekentalan oli yang terlalu encer akan membuat pelumas lebih mudah terbawa masuk ke dalam ruang bakar. Saat pelumas masuk ke dalam ruang bakar, volume pelumas akan cepat habis dan juga bagian dalam silinder juga akan menjadi kotor.

Itulah beberapa tips yang mungkin dapat membantu anda menemukan pelumas mesin mobil terbaik, Semoga tips diatas dapat bermanfaat bagi banyak orang.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline