Lihat ke Halaman Asli

Wais Al Qorni

Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Universitas Mataram

Peningkatan Literasi dan Numerasi di SDN Sulin oleh Mahasiswa KM6

Diperbarui: 24 Desember 2023   00:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Kegiatan KM6 SDN Sulin

Dokumentasi Kegiatan KM6

Tim Kampus Mengajar angkatan 6 tahun 2023 melaksanakan beberapa program dalam rangka meningkatkan Literasi dan Numerasi siswa di SD Negeri Suin. Beberapa program yang dilaksanakan Mahasiswa KM 6 di SD Negeri Sulin sebagai berikut:

1. Reading Time 

Program ini dijalankan 15-30 menit sebelum memulai pembelajaran supaya meningkatkan kemampuan literasi siswa. Tujuan program kerja ini yaitu meningkatkan literasi siswa, meningkatkan ketertarikan siswa untuk membaca dan membiasakan siswa untuk membaca setiap hari.

2. Happy Class Literasi 

Program ini merupakan program dengan fokus mengisi jam pada kelas yang Bapak/Ibu guru berhalangan hadir. Happy Class Literasi ini memiliki tujuan untuk meningkatkan literasi siswa yang dikemas semenarik mungkin. Tujuan program ini yaitu meningkatkan literasi siswa dengan pembelajaran edukasi yang menarik dan menggantikan guru yang berhalangan hadir agar kelas tidak kosong. 

3. Kelas Khusus Literasi 

Memberikan kelas khusus kepada siswa yang belum bisa membaca yang dilakukan dengan menarik diperpustakaan, kegiatan ini dilaksanakan jam pagi mata Pelajaran yang dilakukan oleh semua kelas menggunakan media chroombook sekolah. Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan minat membaca para siswa agar siswa bisa membaca dengan lancar. 

4. Kelas Berhitung

Program ini dilaksanakan sebelum memulai aktivitas belajar mengajar dikelas untuk melatih kemampuan dalam berhitung siswa. Tujuan dari program ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan numerasi siswa dan meningkatkan inovasi guru kelas maupun guru pamong dalam membuat materi/konten numerasi yang menarik dan mudah diterima siswa.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline