Lihat ke Halaman Asli

Wahyu Widyaningrum

Pecinta seni dan kabut yang suka nulis dan jalan-jalan

7 Cara Mudah Mendapatkan Ide Nulis

Diperbarui: 26 April 2021   12:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

7 Cara Mudah Mendapatkan Ide Nulis (Foto: Dok. Pribadi)

Banyak alasan adalah salah satu penyebab tulisan kita tidak pernah selesai. Itu pula yang kualami ketika menulis tidak pernah kelar. Menggantung, malas melanjutkan dan akhirnya malah tidak ada yang selesai sama sekali. Ide, yang kata orang bertebaran dimana-mana, bagiku mau menangkap satu biji saja tidak bisa. Ini menyedihkan sekali.

Katanya, seorang yang suka menulis harus punya jutaan ide yang siap untuk ditulis. Namun, itu seringkali tidak berlaku bagiku. Menulis, menjadi hal yang tersulit kalau mood  hancur. Apalagi ada masalah yang muncul dan belum terselesaikan di dunia nyata, membuat ide-ide hanya lewat saja bablas tak bisa ditulis.

Makin lama, karena menulis menjadi hal yang menyenangkan, aku mulai melakukan cara yang mudah dan moncer untuk urusan ide ini. Tak perlu jauh-jauh harus ke luar negeri untuk menulis sesuatu yang baru. Cukup memperhatikan sekitar, merenungkan sejenak, dan ide bisa muncul begitu saja. Ewh, canggih bener, hihihi. Sebetulnya enggak seperti itu. Hanya saja, saat kebutuhan mendesak, kita harus mau menyeret ide ini dan menuangkan ke tulisan, segera!

Berdasarkan pengalaman pribadi, beberapa cara mudah mendapatkan ide nulis seperti di bawah ini. Cek yuk, siapa tahu bermanfaat.

1. Melihat Galeri Gawai
Apa bisa lihat foto di galeri terus menimbulkan ide nulis? Bisa banget! Aku sering melakukannya ketika minim ide. Misalkan melihat di galeri foto menu berbuka kemarin. Bisa langsung ditulis resepnya. Melihat foto lama saat karnaval dengan baju unik, bisa ditulis menjadi hal baru di saat pandemi.

2. Melihat Sesuatu di Sampingmu
Aha, sedang lihat apa? Ponsel atau uang seratus perak? Bisa banget menulis dongeng tentang uang seratus perak yang bisa ngomong. Ataupun cerita  lain yang berhubungan dengan  ponsel. Banyak sekali mendadak ide muncul, bukan?

3. Membaca Berita
Zaman internet seperti saat ini membaca berita bisa dimana saja dengan menggunakan gawai. Dari apa yang kita baca, silakan langsung ditulis menjadi cerita lain, baik berbentuk artikel ataupun mungkin cerpen. Mudah, bukan?

4. Melihat Pemandangan
Ketika jenuh datang, jalan-jalan menjadi sesuatu yang menyenangkan sekali. Meskipun, mungkin hanya berkeliling di sekitaran RT ataupun komplek rumah. Siapa tahu bertemu beberapa orang lalu  bisa mengobrol. Barangkali dari obrolan tadi ada sesuatu hal yang dapat dijadikan ide. Selanjutnya ide tersebut bisa ditulis untuk berbagi dengan yang lain.

5. Membaca Status
Banyak status media sosial ataupun status WA yang membuat isi kepala  bergejolak menemukan ide baru. Dari situ, ide bisa diolah menjadi tulisan. Ide berbisnis ataupun ide untuk bermedia sosial menjadi lebih cerdas.

6. Membaca Buku
Seseorang yang suka menulis, biasanya suka membaca buku juga. Ini juga yang membuat jutaan ide muncul. Mulai dari penulisnya, juga apa yang dibaca. Tentunya, ide-ide moncer mampu muncul karena kita membaca beragam buku. Langsung dituangkan saja.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline