Lihat ke Halaman Asli

Wahyu TriHandoko

Mahasiwa Universitas Negeri Malang

Tim Pengabdian Mahasiswa UM Melakukan Peningkatan Efisiensi Kualitas Produk Dengan Integrasi Mesin Spinner di UMKM Alfin Keripik Seboro

Diperbarui: 28 Juni 2024   12:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. Pengadian Mahasiswa UM di UMKM Alfin Keripik Seboro

Mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) Caesar Adlu Hakim dalam melaksanakan pengabdiannya, ia bersama tiga anggotanya yang merupakan Mahasiswa Universitas Negeri Malang Ghasa Faraasyatul 'Alam, Raffi Taufik Gushardana, Muhammad Sadidul Itqon, yang dibimbing oleh Dosen Pendamping Dr. H. Sucipto, M.S serta Tim lapangan yaitu Wahyu Tri Handoko dan Moh. Zainul Falah. Pengabdian tersebut dilakukan pada 20 Juni 2024 di Rumah UMKM Alfin Keripik Seboro, Krejengan, Probolinggo. Pengabdian yang ia lakukan bersama ketiga rekannya bekerja sama dengan Sumiati selaku Ketua UMKM Alfin Keripik Seboro demi meningkatkan efisiensi dan kualitas produk untuk produksi keripik.

Caesar Adlu Hakim, selaku ketua pelaksana pengabdian ini mengatakan bahwa "untuk mendukung UMKM Alfin Keripik Seboro dalam meningkatkan efisiensi dan kualitas produksi keripik dapat melalui peningkatan integrasi mesin spinner yang sering digunakan untuk meniriskan minyak hasil gorengan pada kripik agar lebih efisiensi dan optimal serta menggunakan Variable Speed Drive (VSD) agar dapat mengatur kecepatan spineer untuk bisa dimanfaatkan pada kripik yang lebih bermacam-macam" Jelasnya.

Dok. Pelatihan Penggunaan dan Perawatan Alat Spinner berbasis VSD

Dalam pelaksanaan dari program pengabdian mahasiswa, Caesar Adlu Hakim bersama tim melaksanakan kegiatan pelatihan tata cara penggunaan dan perawatan pada alat Spinner berbasis Variable Speed Drive (VSD). Dengan menggunakan alat Spinner berbasis Variable Speed Drive (VSD), Pelaku UMKM dapat meningkatkan efisiensi dan kualitas produk dengan meniriskan minyak goreng sisa pada kripik lebih optimal lagi. Dengan adanya VSD juga alat spinner lebih fleksibel dalam meniriskan minyak sehingga dapat digunakan pada berbagai jenis kripik karena adanya pengatur kecepatan motor Listrik pada spinner. Kegiatan dilanjutkan dengan menyerahkan alat Spinner berbasis  Variable Speed Drive (VSD) kepada Sumiati Selaku Ketua UMKM Alfin Kripik Seboro dan menandatangani surat serah terima serta melakukan demo pada alat tersebut.

Dok. Serah Terima Alat Spinner berbasis VSD ke Mitra 

Ketua UMKM Alfin Kripik Seboro mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada seluruh tim pelaksana pengabdian berkat bantuannya dalam pengadaan Mesin Spinner berbasis Variable Speed Drive (VSD). Diharapkan dari hasil program pengabdian mahasiswa ini mampu meningkatkan efisiensi dan kualitas produk. "Dengan adanya kegiatan ini pihak UMKM Alfin Keripik Seboro berharap mampu meningkatkan efisiensi dan kualitas produk lebih terjamin lagi serta dapat meningkatkan pemasaran produk" tutur Ibu Sumiati selaku Ketua UMKM Alfin Keripik Seboro.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline