Lihat ke Halaman Asli

Komang Wahyu Tresna Gunawan

Ilmu Komunikasi STAHN Mpu Kuturan Singaraja

Manfaat dari Menulis Bisa Mendapatkan Cuan

Diperbarui: 14 Maret 2023   16:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

http://pxhere.com

Menulis merupakan keterampilan yang sangat penting dimiliki oleh mahasiswa dengan menulis kita dapat mengembangkan berbagai ide yang kita miliki ketika kita diperintahkan untuk menulis kita pun harus mencari ide dan sumber bahan maka secara otomatis kita juga tergerak untuk membaca dan semakin banyak buku yang kita baca makin Bertambah pula wawasan kita, Selain itu daya rekam otak manusia maka dari itu penting bagi kita untuk mengingatnya dengan menulis. 

Ilmu itu bagaikan hewan buruan tulisan atau vena adalah ibarat tali pengikatnya oleh karena itu ikatlah hewan buruan dengan tali yang kuat Ketika seseorang Tengah menjelaskan sesuatu beberapa saat kemudian seringkali kita lupa karena pada dasarnya manusia memang tempatnya Lupa maka dengan kita menulis kita dapat membukanya kembali dan mengingatnya.

Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia menulis berarti melahirkan pikiran atau perasaan dengan tulisan sedangkan menurut Bapak Profesor Doktor Haji Imam Suyitno M.Pd dalam karyanya yang berjudul menulis makalah dan artikel menulis dapat diartikan sebagai upaya menuangkan pikiran ilmu, ide, gagasan dan pengalaman dari itu penulis dalam bahasa tulis di kalangan mahasiswa. 

Keterampilan menulis tidak bisa dianggap enteng untuk bisa mendapatkan gelar seorang mahasiswa harus mampu menyelesaikan sederet kegiatan menulis mulai dari makalah artikel dan tentunya skripsi inilah yang menyadarkan kita bahwa betapa pentingnya keterampilan menulis bagi mahasiswa tentunya agar tulisan yang kita tulis menghasilkan suatu hal yang bermanfaat dan juga berkualitas maka kita juga harus mempelajari tentang menulis itu sendiri.

  • Mampu mengungkapkan gagasan dengan baik

Mahasiswa adalah orang yang kritis dan peka terhadap situasi kadangkala gagasan atau ide itu muncul begitu mudah dari peristiwa--peristiwa yang kita alami. 

Ide adalah pokok pikiran yang menjadi landasan dari tulisan kita sedangkan Ide adalah materi yang akan dibahas secara mendalam dituliskan kita tema dan ide bisa didapat dari riset atau observasi yang dilakukan dan pengembangannya tentu dengan informasi yang didapat atau observasi mengembangkan ide pada tahap ini keterampilan dalam berbahasa sangat diperlukan untuk membuat tulisan yang baik maka ide yang dikembangkan harus dengan kata-kata yang dapat dimengerti oleh pembaca.

  • Bisa mendukung kemajuan studi

Seperti yang kita ketahui materi-materi yang diberikan oleh dosen serta tugas yang dibebankan kepada mahasiswa tidak terlepas dari aktivitas menulis sehingga menulis sebenarnya bisa dikatakan adalah agenda rutin bagi mahasiswa. 

Semakin banyak menulis maka mahasiswa akan terbiasa dan semakin berkembang keterampilan menulisnya seiring berjalannya waktu. Hal ini dapat membuat mahasiswa semakin baik dalam penyusunan kata, kalimat dan kemampuan bahasa yang semakin meningkat. 

Keterampilan menulis mahasiswa dapat memperoleh prestasi di dalam proses pembelajaran ditandai dengan meningkatnya nilai yang signifikan, serta di luar kampus ditandai dengan karya tulis yang bermanfaat bukan hanya kepada lembaga tetapi juga masyarakat.

  • Bisa menyebarluaskan pengetahuan kepada pembaca

Menulis kita dapat mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan pengalaman yang kita peroleh sebelumnya melalui proses membaca. Membaca merupakan kegiatan meng-input data dan informasi yang kita peroses dan kita olah dan kemudian kita tranformasikan dengan menulis. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline