Lihat ke Halaman Asli

Wahyu Setiawan

Student from State University Jakarta

Pengalaman Berharga Magang di KEMENKO PMK RI

Diperbarui: 19 Agustus 2023   17:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Wahyu Setiawan dan rekan

Jakarta, 18 Agustus 2023 pukul 08.00 WIB – Oleh Wahyu Setiawan

Saya merupakan mahasiswa Pendidikan Masyarakat semester 7 di Universitas Negeri Jakarta yang sedang menjalani program magang yang bertempat di KEMENKO PMK RI, Senang rasanya diberi kesempatan yang berharga untuk dapat menjalani program magang disini yang mana menjadi suatu kegiatan yang harus ditempuh oleh setiap mahasiswa selama perkuliahan.

Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia merupakan salah satu kementerian yang berada di Ibukota DKI Jakarta yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden Republik Indonesia yang mempunyai tugas menyelenggarakan Koordinasi, Sinkronisasi, dan Pengendalian (KSP) tentang kebijakan pembangunan manusia dan kebudayaan. 

Hal ini guna mendukung terwujudnya Indonesia Maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian, berlandaskan gotong royong serta memperhatikan aspirasi masyarakat.

Dalam kegiatan magang ini, saya ditempatkan di Deputi VI Bidang Koordinasi Peningkatan Kuliatas Pendidikan dan Moderasi Beragama Unit kerja DIKVOTI (Penididikan Vokasi dan Pendidikan Tinggi) yang memiliki kewenangan dalam hal menyelaraskan dan mengharmoniskan kebijakan pembangunan manusia dan kebudayaan, khususnya isu bidang pendidikan dan agama sehingga dapat menjadi suatu respon komprehensif dan terpadu dalam meningkatkan mutu manusia dan kebudayaan indonesia. 

Ini relevan dengan jurusan kami terkait lembaga satuan pendidikan seperti paud dan dikmas, karena pendidikan masyarakat saat ini mempunyai andil yang cukup besar untuk meningkatkan kualitas pendidikan di luar pendidikan formal di Indonesia, dan juga saya harap dapat menambah pengetahuan dan pengalaman berkerja di ruang lingkup pemerintahan.

Kurang lebih sudah 1 bulan saya magang ada banyak hal yang membuat saya banyak belajar dan memberikan pengalaman dalam menjalani dunia bekerja, lebih berwarna lagi ketika saya diikutsertakan dalam kegiatan-kegiatan rapat yang mana bisa menjadi sumber ilmu baru dan pengalaman berkesan karena mendatangkan narasumber-narasumber ahlinya. Tuhan memang tahu bagaimana cara membahagiakan hambanya karena bahagianya setiap orang berbeda, jadi saya merasa bangga dan bahagia bisa berkesempatan magang ditempat ini dan diikutsertakan dalam kegiatan-kegiatan yang ada.

Saya juga diberikan kesempatan untuk dapat melakukan monitoring evaluasi ke berbagai satuan lembaga nonformal dan tempat pelatihan atau pemberdayaan untuk dapat menuntaskan kegiatan magang ini dan sekaligus menghimpun data untuk kedepannya bisa dijadikan bahan penelitian ataupun skripsi. Kegiatan magang ini juga membuka mata dan pola pikir yang lebih luas, karena saya jadi tahu tentang isu pendidikan terkini dan bagaimana cara mereka mengatasi permasalahan tersebut dengan cara yang efektif dan tepat.

Semakin bangga karena memiliki pembimbing yang memotivasi, memberikan arahan dan nasihat kepada saya untuk memulai menulis dan melakukan penelitian serta rekan magang yang saling mensupport untuk terus memberikan pengetahuan dan pengalaman yang bisa saya serap kedepannya.

Memperingati HUT RI Ke-78 Seluruh Jajaran Deputi VI/Dokpri




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline