Lihat ke Halaman Asli

Wahyu Putra

Freelance

Bawaslu Provinsi Sulsel Berikan Pemahaman Identifikasi Informasi Hoax

Diperbarui: 16 Juli 2024   12:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kegiatan Bawaslu Anti Hoax (Foto : wahyu) 

Parepare - Kegiatan Bawaslu Anti Hoax yang dilaksanakan oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Selatan di ballroom hotel bukit Kenari. Merupakan program Bawaslu provinsi Sulawesi Selatan yg bernama Madrasah Anti Hoax. 

Hal ini dikemukakan langsung oleh koordinator divisi pencegahan dan lembaga Bawaslu Provinsi Sulsel, Saiful Jihad Selasa (16/7/2024).

"Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan memiliki sebuah program bernama Madrasah Anti Hoax. Program ini adalah bagaimana cara kami mendampingi sekolah-sekolah cerdas dalam bermedia sosial dan literasi yang baik terkhusus dalam kepemiluan," Ungkapnya. 

Saiful mengatakan, kita tidak bisa sangkali bahwa setiap pemilu di laksanakan, informasi Hoax ini banyak beredar. Baik itu berupa kategori miss informasi, dis informasi atau mal informasi banyak sekali beredar.

"Untuk mengalahkan ini semua, bagi kami anak-anak dari madrasah ini adalah ruang strategis uni mencoba mengedukasi," Katanya.

Saiful menjelaskan bahwa Jika sejak awal mereka punya literasi digital yang baik, tidak mudah percaya dari informasi atau berita yang mereka dengar. Maka itu akan sangat membantu untuk penyebaran-penyebaran informasi Hoax. 

"Bahkan kita dorong, bukan hanya sekedar mengidentifikasi informasi Hoax. Tetapi bagaimana kemudian dia membuat informasi dengan gaya bahasa mereka dalam mengedukasi masyarakat," Jelasnya. 

"Kegiatan ini masih bersifat ploting. Jika dengan kegiatan seperti ini dapat mengurangi dampak dari penyebaran informasi Hoax di media sosial. Maka kita akan melakukan kegiatan ini ke seluruh kabupaten/kota yang ada di Sulawesi Selatan," Tutupnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline