Lihat ke Halaman Asli

Wahyu Putra

Freelance

Solusi Alami untuk Mengatasi Gejala Flu

Diperbarui: 29 September 2023   18:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Influenza atau flu adalah penyakit yang sering menyerang manusia, terutama saat musim dingin tiba. Selain obat-obatan medis, banyak orang mencari alternatif alami untuk meredakan gejala flu. Salah satu pilihan yang populer adalah minuman herbal. Inilah beberapa minuman herbal yang bisa membantu meredakan gejala influenza:

1. Jahe dan Lemon:

Jahe dikenal memiliki sifat anti-inflamasi dan antivirus yang dapat membantu meredakan gejala flu. Kombinasikan jahe segar yang dipotong tipis dengan air panas, tambahkan perasan lemon dan sedikit madu untuk meningkatkan rasa dan manfaatnya.

2. Teh Chamomile:

Chamomile adalah herbal yang dikenal memiliki sifat penenang dan anti-inflamasi. Teh chamomile dapat membantu meredakan sakit tenggorokan dan memperbaiki tidur yang terganggu akibat flu.

3. Madu dan Cuka Sari Apel:

Kombinasi madu alami dan cuka sari apel adalah minuman yang populer untuk meredakan batuk dan sakit tenggorokan. Campurkan satu sendok teh madu dengan satu sendok teh cuka sari apel dalam segelas air hangat.

4. Minuman Kunyit:

Kunyit mengandung kurkumin, yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Minuman kunyit dengan tambahan lada hitam dapat membantu meredakan peradangan dalam tubuh.

5. Minuman Herbal Campuran:

Beberapa merek minuman herbal khusus flu mengandung berbagai bahan alami seperti echinacea, elderberry, dan mint yang diklaim dapat membantu meredakan gejala flu.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline