Lihat ke Halaman Asli

Peran Ide Dalam Ekonomi Kreatif

Diperbarui: 23 September 2023   19:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pendahulan

Salah satu ciri khas manusia adalah pemikiran yang kompleks dan selalu memikirkan masa depan. Pemikiran manusia ini membawa berbagai perkembangan di setiap aspek, termasuk ekonomi.

Berbagai tantangan dan peluang menjadikan perkembangan ekonomi global mengalami perubahan yang signifikan. Perkembangan ekonomi terdorong oleh munculnya teknologi-teknologi baru yang mengubah kebutuhan konsumen, sehingga datangnya ekonomi kreatif menjadikan kekuatan utama dalam ekonomi global saat ini.

Artikel ini akan membahas pentingnya dan bagaimana peran ide dalam ekonomi kreatif, sebagai harapan kepada para pembaca memahami seberapa berharganya ide, sehingga dapat menghasilkan inovasi baru untuk mengambil peran dan bertahan pada zaman perkembangan ekonomi global yang masih berlanjut.

Definisi Ekonomi Kreatif dan Ide Serta Keterkaitan Satu Sama Lain

Ekonomi kreatif menurut pemahaman saya adalah keterlibatan sebuah kreatifitas, inovasi dan kemahiran seorang individu yang dapat menghasilkan nilai ekonomi. Ekonomi kreatif mampu menghasilkan sebuah produk, baik itu berupa barang maupun layanan yang lebih menarik daripada sebelumnya.

Sedangkan ide menurut pemahaman saya merupakan kumpulan data-data dalam memori manusia yang koheren sehingga muncul sebuah pemikiran baru. Maka, dalam pencarian ide, harus lah memiliki banyak literasi dan pengalaman.

Ekonomi kreatif dan ide tentunya saling berkaitan satu sama lain. Pemicu dasar kreatifitas adalah sebuah ide. Jadi, Ide dalam ekonomi kreatif merupakan sebuah gagasan atau konsep yang melibatkan munculnya kreatifitas guna menghasilkan dan mengembangkan nilai produk.

Gagasan atau konsep dalam ekonomi kreatif biasanya berkaitan dengan hal-hal seni, budaya, atau hal unik. Dan tentu saja memilki poin tertentu yang membedakan dengan produk terdahulu atau yang sudah ada.

Inti dari ekonomi kreatif adalah menjual ide. pelaku-pelaku ekonomi kreatif bersaing mengeluarkan ide yang paling menarik untuk memikat para konsumen. Apalagi pada zaman globalisasi saat ini.

Contoh Study Kasus 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline