Lihat ke Halaman Asli

Wahyunita Latifatul Naim

Mahasiswa IAIN KUDUS

Enterpreneurship dalam Perspektif Hadis

Diperbarui: 26 September 2023   10:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Apa sih enterpreneurship itu? Remaja sekarang pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah tersebut, Yuk kita simak pembahasannya menurut prespektif hadis

Enterpreneurship dalam bahasa Indonesia disebut sebagai kewirausahaan,

Dalam KBBI enterpreneurship adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan seorang wirausaha yang memiliki sikap mau bekerja keras, dan berani mengambil resiko dalam berkarya. Seorang entrepreneur memiliki karakteristik-karakteristik tertentu dalam mengasah kemampuan yang menghasilkan suatu karya. Hadis memaknai enterpreneur sebagai bagian penting dalam kehidupan manusia, mengapa bisa dikatakan seperti itu? Dalam Hadis Riwayat Imam Baihaqi, Rasulullah bersabda "Sesungguhnya Allah SWT Menyukai orang mukmin yang berkarya". Dalam berwirausaha suatu karya sangatlah dibutuhkan, mempunyai kreativitas dan inovasi dalam mengembangkan ide-ide menjadikan suatu usaha tersebut memiliki pengembangan nilai yang lebih dari pada yang lain. Kreativitas itu sendiri yang menjadikan skil dalam diri manusia tersebut menjadi keuntungan yang diperoleh tidak hanya dirinya sendiri melainkan juga masyarakat, karena dari keuntungan yang sangat besar tersebut dapat menciptakan tenaga kerja bagi para masyarakat yang membutuhkan.

Berdasarkan penjelasan singkat mengenai enterpreneur sebagai remaja masa kini kita harus memiliki jiwa kreatif dalam mengembangkan potensi-potensi yang ada dalam diri kita agar menghasilkan sesuatu yang bermanfaat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline