Lihat ke Halaman Asli

Mulai dari Diri Modul 1.1 Refleksi Filosofis Pendidikan Nasional Ki Hadjar Dewantara

Diperbarui: 11 Juli 2024   20:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Tujuan Pembelajaran Khusus:  Peserta mampu membuat refleksi diri tentang pemikiran Ki Hadjar Dewantara 

SOAL 1

1. Apa yang ada Anda ketahui tentang pemikiran Ki Hajar Dewantara (KHD) mengenai pendidikan dan pengajaran?

2. Apa relevansi pemikiran KHD dengan konteks pendidikan Indonesia saat ini dan konteks pendidikan di sekolah Anda secara khusus?

3. Apakah Anda merasa sudah melaksanakan pemikiran KHD dan memiliki kemerdekaan dalam menjalankan aktivitas sebagai guru?

JAWABAN

Ki Hadjar Dewantara meyakini jika salah satu kunci untuk menciptakan Indonesia yang beradab adalah melalui pendidikan. Menurut Ki Hadjar Dewantara, pendidikan harus holistik atau menyeluruh, mencakup aspek fisik, intelektual, emosional dan spiritual. Jadi, pendidikan bukan hanya tentang pengetahuan akademis saja, tetapi juga melibatkan pengembangan karakter individu dan kepribadian untuk membentuk siswa yang bukan hanya unggul secara akademis saja tetapi juga berkepribadian dan berkarakter baik. 

Peran guru selaku pendidik adalah mampu melayani berbagai kebutuhan peserta didik. Dan memberi kesempatan pada peserta didik untuk mengembangkan ide, bakat, minat dan berpikir kritis serta kreatif. Dan mengarahkan siswa untuk berperilaku positif dengan memberi contoh langsung di sekolah, seperti sikap saling menghormati dan toleransi. Karena itu, pendidikan memiliki peran penting untuk mewujudkan generasi suatu bangsa yang berkualitas dan berkarakter tanpa meninggalkan budayanya.

Pemikiran Ki Hadjar Dewantara masih relevan dengan konteks pendidikan Indonesia saat ini adalah pendidikan terpusat pada siswa untuk mengembangkan pengetahuan akademisnya dan membentuk karakter dan kepribadian siswa. Apalagi Indonesia merupakan negara Bhinneka Tunggal Ika yang memiliki beragam budaya, suku, alam dan geografis yang berbeda. Sehingga Pendidikan dapat dikembangkan dengan memanfaatkan lingkungan sekitar. Menurut Ki Hadjar Dewantara, pendidikan berpusat pada siswa Dimana siswa menjadi perhatian utama dan belajar memecahkan masalah dengan berkolaborasi, bekerjasama dengan teman-temannya. Guru berperan untuk mengarahkan siswa agar dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan.

Di sekolah saya juga menerapkan kurikulum merdeka dimana pembelajaran berpusat pada siswa. Saya secara bertahap dan perlahan menerapkan pembelajaran yang terpusat pada siswa dengan harapan siswa dapat terbentuk menjadi manusia yang berkarakter baik dan berpengetahuan luas. Sekolah saya juga fokus pada penguatan pendidikan karakter, seperti toleransi, nilai-nilai Pancasila dan gotong royong, sejalan dengan pemikiran Ki Hadjar Dewantara tentang pendidikan holistik yang tidak hanya fokus pada pengembangan intelektualitas, tetapi juga pengembangan karakter, moral, dan spiritualitas anak. Untuk menghargai kebudayaan dan bahasa daerah, di sekolah saya juga menggunakan bahasa daerah dalam proses pembelajaran, agar siswa tidak melupakan bahasa dan budaya mereka.

Sebagai seorang guru, saya merasa belum melaksanakan pemikiran Ki Hadjar Dewantara secara keseluruhan, namun saya perlahan mempelajari dan menerapkan pemikiran Ki Hadjar Dewantara dalam melaksanakan konsep merdeka belajar dan memperbaiki atau merubah cara mengajar saya. Misalnya dengan merefleksi cara mengajar saya, apakah sudah dapat mengakomodir kebutuhan siswa secara keseluruhan atau belum. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline