Lihat ke Halaman Asli

Wahyuningsih Ummu Afra

TKIP Al Madinah Kartasura

Kegiatan Pembelajaran Berbasis STEAM

Diperbarui: 6 Agustus 2021   23:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Bismillaah

Kemampuan dalam menguasai STEAM mempunyai peranan yang penting sebagai bekal bagi masa depan anak. Kegiatannya pun dapat mengintegrasikan berbagai bidang pengembangan serta konten atau muatan belajar anak. Hal ini dikarenakan kegiatan STEAM sangat berperan dalam mempersiapkan anak untuk membangun karakter yang kompetitif secara umum dan memberikan kesempatan karir di masa depan. STEAM mendukung  anak memiliki kemampuan berpikir logis dan kritis. 

Mari kita cermati bersama, berikut penjelasannya:

Sains: melibatkan panca indera, anak terlibat secara langsung untuk melakukan penelitian atau penyelidikan. 

Teknologi: Penggunaan komputer untuk menciptakan suatu karya  pembelajaran yang menarik, seperti vidio pembelajaran/ game edukasi. 

Engineering: suatu proses atau hasil rekayasa, kemampuan dalam mengembangkan teknologi ygang lebih kreatif dan inovatif. 

Art: seni, yaitu berupa ungkapan perasaan dalam bentuk kreasi yang mengandung keindahan dan dapat mempengaruhi perasaan orang lain. 

Mathematics: kemampuan memecahkan masalah dalam hubungannya dengan bilangan, seperti berhitung, mengelompokkan, membandingkan, dan lainnya. 

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline