Lihat ke Halaman Asli

Wahyuningsih

Guru PAUD

Aksi Nyata Modul 1.4 Mewujudkan Budaya Positif di Sekolah Melalui Keyakinan Kelas

Diperbarui: 10 Februari 2023   18:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

A. LATAR BELAKANG

Pendidikan merupakan tempat persemaian benih-benih kebudayaan. Sekolah merupakan bagian dari unsur pendidikan , dan sekolah sebagai tempat pendidikan supaya  menciptakan kondisi yang aman, nyaman untuk tumbuh dan kembangnya anak sesuai dengan kodrat yang dimiliki.  

Upaya menumbuhkan budaya Budaya Positif di sekolah dengan membuat keyakinan kelas, para murid bisa mengutarakan gagasan untuk membuat kesepakatan kelas,  dengan kesepakatan yang di buat dan di setujui bersama dan dilaksanakan secara berkelanjutan sehingga Budaya Positif dapat terwujud. 

Lingkungan sekolah yang kondusif berpengaruh terhadap kegiatan pembelajan sehari-hari, anak didik merasa aman dan nyaman sehingga terwujud tujuan pendidikan Profil Pelajar Pancasila. Selain memiliki budaya positif di sekolah, di harapkan anak juga memiliki budaya positif  di lingkungan keluarga dan masyarakat. Adapun yang mendasari melakukan aksi nyata mewujudkan Budaya Positif di Sekolah antara lain:

  • Budaya positif bertujuan menciptakan suasana yang aman, kondusif di sekolah sehingga kegiatan pembelajaran di lingkungan sekolah merasa nyaman
  • Mewujudkan murid dengan karakter Profil Pelajar Pancasila melalui penerapan budaya positif dengan membuat keyakinan kelas
  • Membentuk keyakinan kelas dengan melibatkan murid, diharapkan murid termotivasi secara internal, memiliki kesadaran diri dan betanggung jawab melaksanakan keyakinan kelas, sehingga membawa manfaat yang baik bagi diri sendiri dan orang lain.
  • Keyakinan kelas berisi kebajikan universal yang bisa di laksankan di lingkungan sekolah

B. TUJUAN AKSI NYATA

1. Mewujudkan pembelajaran yang berpihak pada murid

2. Menciptakan displin positif pada murid melalui keyakinan kelas

3. Terwujudnya suasana aman dan nyaman di kelas maupun di sekolah

4. Menumbuhkan karakter disiplin positif pada murid sehingga mempunyai kepribadian yang baik di sekolah maupun di lingkungan masyarakat

C. TOLOK UKUR

  • Untuk melihat keberhasilan dari tindakan yang saya lakukan ini, yang menjdi tolok ukur keberhasilan adalah:
  • Murid berpartisipasi aktif dalam membuat keyakinan kelas dan sesuai dengan nilai-nilai kebajikan
  • Murid mampu melaksanakan keyakinan kelas yang telah di sepakati bersama, sehingga disiplin positif dapat terwujud
  • Seluruh warga sekolah mendukung terwujudnya disiplin positif secara berkelanjutan
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline