Lihat ke Halaman Asli

Wahyu Kurniawan

Pencari Ilmu

Rekrutmen Anggota Baru | Rohis ISC Al-Iqtishodi Gelar Kegiatan SMILE XI

Diperbarui: 1 November 2022   06:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto bersama peserta ikhwan || Sumber : Dok. Pribadi

Dalam rangka menyambut anggota baru, Rohis ISC Al Iqtishodi mengadakan kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya yaitu SMILE (Studi Mengenal Islam Lebih Efektif) yang ke XI. Kegiatan ini di laksanakan pada Hari Minggu, 30 Oktober 2022 di Gedung Teater A Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial UIN Suska Riau. Di mulai pada pukul 08.00 WIB hingga berakhir pada pukul 15.30 WIB.

SMILE merupakan pintu pertama yang harus di lewati oleh setiap anggota baru yang ingin bergabung sebelum nantinya resmi menjadi bagian dari keluarga besar Rohis ISC Al Iqtishodi sekaligus sebagai ajang silaturrahmi sesama peserta, pengurus dan juga alumni yang berkesempatan hadir. Tidak hanya itu, mereka juga dibekali dengan beberapa materi wajib yang disampaikan langsung oleh Narasumber sebagai pengantar untuk mengetahui materi dasar mengenai kerohisan dan turunannya.

Kegiatan ini di awali dengan pembukaan oleh MC, pembacaan ayat suci Al-Qur'an, sambutan ketua pelaksana, sambutan ketua umum dan do'a, setelahnya langsung di ambil alih oleh moderator Sabilal Kahfy Nurillah untuk kemudian memandu acara hingga selesai.

Ketua Panitia SMILE XI dalam hal ini Wahyu Kurniawan menyampaikan dalam sambutannya kepada seluruh panitia dan peserta agar senantiasa semangat untuk selalu istiqomah di jalan dakwah dan jangan selalu terpaku pada jumlah atau kuantitas orang yang sedikit tapi fokuslah pada perbaikan kualitas. Beliau melanjutkan dengan memberikan pesan kepada semua agar tidak terjebak euforia rekrutmen tahunan saja, tetapi lupa bahkan cenderung abai dengan hal pokok yang merupakan ruh dari Rohis itu sendiri, yakni pembinaan. Sesuai dengan tagline Rohis ISC Al-Iqtishodi "Membina Generasi Membangun Umat".

Acara ini di buka secara resmi oleh Ketua Umum Rohis ISC Al-Iqtishodi yakni Zulkarnain. Beliau menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh peserta dan juga panitia, sekaligus memberikan semangat dan motivasi bagi para peserta yang hadir.

Rangkaian acara selanjutnya adalah Pemaparan materi pertama terkait Kerohisan (Organisasi Dakwah) oleh Ustadz Nurizam S.Pd, materi kedua tentang Syahadatain dan Syumuliatul Islam (Ketauhidan dan Kemuliaan Islam) oleh Ustadz M. Iqbal S.Psi, keduanya juga merupakan orang yang terlahir dari rahim Rohis. Materi berakhir sebelum pelaksanaan shalat zuhur yang kemudian di lanjutkan dengan Ishoma.

Setelah selesai ishoma, maka kegiatan dilanjutkan dengan memperkenalkan setiap bidang yang ada di Rohis ISC Al Iqtishodi. Kemudian kegiatan terakhir untuk yang ikhwan melanjutkan sharing session antara peserta dengan panitia dan alumni, kemudian yang akhwat melakukan outbond di depan halaman Masjid Al-Jami'ah UIN Suska Riau. Kemudian di tutup dengan pembagian hadiah peserta terbaik dan juga pemenang outbond.

Kegiatan yang dilaksanakan selama satu hari penuh ini, ternyata mampu menciptakan kehangatan serta rasa kekeluargaan tanpa menciptakan jarak sedikitpun antara panitia, pengurus, alumni dan juga seluruh peserta.

Diharapkan dengan adanya kegiatan SMILE yang di taja oleh Rohis ISC Al Iqtishodi mampu menciptakan kader-kader yang siap untuk membersamai dakwah yang ada di UIN Suska Riau.

Penulis : Wahyu Kurniawan (Mahasiswa Administrasi Negara)

UIN Suska Riau




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline