Lihat ke Halaman Asli

Wahyu Kurniawan

" Energi yang Bersinergi "

Fenomena Generasi Muda Milineal di Dunia Gim Online

Diperbarui: 12 Desember 2019   09:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Game online saat ini sangat berkembang pesat, dahulu game online lebih banyak penggunaannya di komputer dan sekarang game online bisa diakses dimanapun dan kapanpun melalui handphone Android atau IOS. Hal tersbut menjadikan dampak negatif jika generasi muda saat ini tidak bisa membentengi diri dengan baik, karena ketika bermain game online kaum muda saat ini sering lupa waktu, tempat, dan suasana yang sedang terjadi.

Tentunya hal semacam itu akan merugikan penggunanya, diantaranya susah untuk bersosialisasi dengan orang lain, lupa waktu, dan bahkan sampai merasa tidak ingin tahu orang-orang yang ada disekitarnya.

Disaat mereka para pengguna game online bersama disuatu tempat ketika diajak berbicara mereka lebih banyak mengacuhkannya. Terkadang ketika mereka menanggapi hanya dengan berkata saja tanpa menatap langsung dengan orang yang berinteraksi dengannya, cukup memprihatinkan memang berinteraksi tanpa melihat ekspresi. Hal tersebut akan mengakibatkan kesalahpahaman dalam berkomunikasi.

Banyak situasi dan kondisi yang selalu salah dimanfaatkan para pemain game online saat ini. Salah satu contoh ketika sedang menghadiri acara undangan pernikahan dan di situ seharusnya mereka mengikuti jalannya acara dengan baik, namun tidak demikian mereka justru sibuk sendiri bermain game online melalui handphonenya. Bahkan dalam acara rapat penting sekalipun game online menjadi sebuah permainan yang tidak bisa jauh dari para pecandu game online tersebut.

Sebenarnya tidak hanya di kalangan muda saja, namun sekarang sedikit merambah ke kalangan dewasa dan tua. Beberapa dari orang dewasa dan tua sekarang juga banyak yang menyukai game online. Tidak sedikit di dalam kehidupan rumah tangga sering terganggu keharmonisannya karena game online. 

Teknologi berkembang sangat cepat, dunia mulai dikuasai oleh teknologi. Akan menjadi ancaman yang buruk jika manusianya tidak bisa mengendalikan teknologi tersebut. Fenomena saat ini cukup menjadi bukti bahwa sudah banyak pengaruh negatif akibat perkembangan teknologi yang sangat pesat. Walaupun sekarang terdapat kejuaraan E-Sport namun hal tersebut bisa dilakukan bagi orang-orang yang mau berkembang, namun faktanya generasi muda milineal saat ini kurang bisa mengatur tindakan yang harus dilakukan untuk menghadapi perkembangan zaman.

Mari bersama turut mengembangkan teknologi dengan penggunaan yang semestinya, sehingga kita sebagai generasi penerus bangsa mampu menyumbangkan karya-karya yang bagus dan berguna bagi Indonesia yang lebih baik. (wk)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline