Lihat ke Halaman Asli

Konteks Lokal Magetan untuk Mengajarkan Matematika Bermakna melalui Matematika Realistik

Diperbarui: 24 Juli 2023   15:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber : Dokumen Pribadi

Guru matematika memainkan peran kunci dalam mengajarkan konsep matematika kepada siswa dengan cara yang menarik, bermakna sesuai dengan level siswa SD sehingga mereka dapat memahami dan memaknai konsep matematika tersebut. Matematika Realistik memandang matematika sebagai aktivitas manusia memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengkonstruk sendiri pengetahuan matematika melalui proses penyelesaian masalah yang “riil” bisa dibayangkan oleh siswa. 

Masalah ini bisa berupa masalah berbalut konteks budaya maupun kearifan lokal yang notabene sangat dekat dengan siswa. Berangkat dari masalah tersebut, siswa mengkonstruksi sendiri strategi dan model penyelesaiannya yang kemudian model ini dibawa kepada matematika formal.

Magetan merupakan kabupaten yang sarat akan budaya dan kearifan lokal. Tempat wisata Telaga Sarangan, Taman Refugia, makanan khas, seni budaya reog dan jathilan serta permainan tradisionalnya menawarkan konteks budaya dan kearifan lokal yang kaya untuk mengajarkan matematika yang bermakna dan dekat bagi siswa. Namun, guru mengaku kesulitan dalam mengajarkan matematika terutama siswa kelas tinggi (lima dan enam) karena sulit untuk mencari kegiatan untuk memaknai rumus yang ada. 

Hal inilah yang menjadi alasan salah satu tim Pengabdian Kepada Masyrakat (PKM) Prodi Pendidikan Matematik FMIPA Universitas Negeri Surabaya yang terdiri dari Prof. Rooselyna Ekawati, Ph.D., Evangelista Lus W. P., M.Sc. dan Ahmad Wachidul Kohar, M.Pd. untuk memberikan pelatihan “Pengembangan Iceberg Pembelajaran Matematika Realistik dengan Konteks Lokal untuk Guru Matematika SD Magetan”

Kegiatan pelatihan dilakukan pada Sabtu, 22 Juli 2023 bertempat di SDN Tambran, Kabupaten Magetan. Kegiatan diawali dengan penyampaian materi tentang pengenalan Matematika Realistik dan demonstrasi pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik, dilanjutkan dengan pengenalan Iceberg Matematika Realistik dan Konteks Realistik.

Setelah peserta pelatihan mendapatkan pengalaman langsung belajar dengan matematika realistik dan teori yang relevan, kemudian peserta pelatihan diminta untuk membuat Iceberg dan Konteks Realistik yang dilakukan secara berkelompok.

Sumber : Dokumen Pribadi

Unjuk karya hasil desain iceberg dan konteks dengan menggunakan strategi Market Place Activity (MPA) digunakan untuk mengajak peserta berperan aktif bertanya, mengevaluasi, dan menjelaskan karya yang dibuat oleh kelompoknya sendiri maupun kelompok lainnya.

Sumber : Dokumen Pribadi

Sumber : Dokumen Pribadi

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline