Lihat ke Halaman Asli

Wahyu Hanafi

Mahasiswa

Gimana Sih Cara Menyikapi Wabah Covid-19?

Diperbarui: 22 Maret 2020   19:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Bismillah Seperti yang kita ketahui saat ini Indonesia sedang berjuang dengan Wabah Virus Covid-19 (Corona Virus) yang sebelumnya hanya terjadi di daerah China terutama kota Wuhan dan kini telah menyebar ke berbagai Negara Asia maupun Eropa. Semenjak Presiden Joko WIdodo Mengeluarkan pernyataan bahwa :

Pada senin (2/3/2020) presiden RI Joko Widodo mengatakan dua WNI dari Depok yang positif terinfeksi virus Corona. Dan menghimbau agar masyarakatnya menjaga kehigienisan dengan cara mencuci tangan.

Pernyataan tersebut perlahan mulai membuat masyarakat mulai khawatir karena seiring waktu Jumlah orang yg Terinfeksi Virus Corona (Covid-19) semakin bertambah bahkan sudah ada yang meninggal akibat terifeksi oleh Virus Corona tersebut.

Kementrian Kesehatan juga telah  memberikan beberapa cara untuk  Pencegahan Terhadap  Virus Corona kepada masyarakat  Antara lain  sebagai berikut;

1. Menjaga kesehatan dan Kebugaran tubuh agar sistem Imunitas kita Meningkat contonya seperti jaga pola makan yang teratur dan berolahraga yang sesuai dengan kemampuan tubuh kita jangan terlalu dipaksakan berolahraga yang berat-berat.

2.  Mencuci tangan secara teratur setelah beraktivitas dengan menggunakan sabun ataupun antiseptik khusus untuk mencuci tangan.

3. Ketika batuk atau bersin, tutup mulut dan hidung anda menggunakan tisu atau lengan atas bagian dalam (bukan menggunakan telapak tangan).

4. Hindari berpergian ke tempat umum dan berkontak dengan orang lain di luar jika tidak terlalu penting.

5. Hindari menyetuh hidung, mata dan mulut(segitiga wajah). Karena tangan banyak menyentuh benda yang dapat terkontaminasi Virus.

6. Gunakan masker dengan benar hingga menutup hidung dan mulut saat anda sakit ataupun saat anda berpergian ke luar rumah.

7. Buang tisu dan masker yang telah digunakan ke tempat sampah dengan benar dan setelah itu cucilah tangan anda.

8. Menunda/membatalkan berpergian ke daerah maupun Negara dimana Virus itu ditemukan.

9. Hindari berpergian ke luar rumah saat anda merasa kurang sehat, terutama jika anda merasa Demam,Batuk dan Sulit bernapas.

10. Selalu pantau perkembangan Covid-19 dari sumber yang terbukti dan akurat seperti dari Halaman Resmi Kementrian Kesehatan setempat.

Dari apa yang telah disampaikan oleh kementrian kesehatan tersebut sebagian besar itu berhubungan dengan pola hidup kita yang kadang tidak sehat yang bisa berpengaruh terhadap derajat kesehatan. 

Tapi meskipun telah ada imbuhan dari Presiden bahkan Kementrian Kesehatan masih banyak masyarakat yg acuh tak acuh terhadap imbuhan tersebut bahkan mereka menganggap remeh hal tersebut. 

Padahal apa yang disampaikan oleh pemerintah tersebut untuk kebaikan mayarakat itu sendiri dan menjadi salah satu cara untuk menghambat penularan Virus Corona tersebut di lingkungan masyarakat.

 Bahkan saat ini Covid-19 atau corona yang sedang mewabah memaksa banyak negara melakukan lockdown atau menutup akses ke wilayah negara tersebut. Melansir dari kumparan.com, istilah lockdown karena wabah penyakit tersebut sebenarnya dijelaskan pula dalam beberapa  hadis.

1. Jika kalian mendengar wabah melanda suatu negeri. Maka, jangan kalian memasukinya. Dan jika kalian berada didaerah itu janganlah kalian keluar untuk lari darinya  

(HR. Bukhari & Muslim) 

: : (3474) (( )) (7527) (26139)  

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline