Lihat ke Halaman Asli

Kakaen

Saya merupakan seorang mahasiswa

Penyambutan Tahun Baru Islam 1446 H Desa Wungurejo yang Diwarnai "Bancakan" Setiap Dusun

Diperbarui: 7 Juli 2024   00:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tradisi "Bancakan" dalam rangka penyambutan Tahun Baru Islam 1446 H di Desa Wungurejo, Kec. Ringinarum, Kab. Kendal, Sabtu (06/07/2024).

Pada Tahun Baru Islam 1446 Hijriah, Pemerintah Desa ,Karang Taruna, Masyarakat beserta Kuliah Kerja Nyata Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang Posko 50 menggelar tradisi "Suronan" dan doa bersama yang tersebar di perempatan Desa Wungurejo, Kecamatan Ringinarum,Kabupaten Kendal, Sabtu (06/7/2024).

PemDes (Pemerintahan Desa) dan Tokoh Agama setempat yang hadir bersama dan berbaris selaras dengan masyarakat desa berharap, dengan adanya acara ini (Bancakan Suronan) dapat memberikan kebahagiaan dan berkah bagi masyarakat Kendal, khususnya desa Wungurejo. 

Mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang Posko 50, Ahmad Daelal Firoos yang hadir beserta rekan-rekan mahasiswa yang turut hadir dan berpartisipasi untuk meramaikan penyambutan tahun baru Islam 1446 H di Desa Wungurejo, Kecamatan Ringinarum, Kabupaten Kendal.

"Mari kita semua berdoa bersama - sama dan berharap mudah – mudahan dengan penyambutan tahun baru Islam 1446 H ini kita selalu dilindungi. Tentunya kami pribadi berdoa kepada seluruh masyarakat Desa Wungurejo dapat menjadi pribadi yang bermanfaat dan bermartabat bagi sesama” ujarnya.

Makna Tahun Baru Islam 1446 Hijriyah dapat diartikan sebagai simbol semangat perjuangan tanpa mengenal sedikit pun rasa putus asa serta optimisme yang tinggi, yakni semangat hijrah dari hal buruk menuju hal yang lebih baik dari kehidupan sebelumnya. 

Tak lupa PemDes setempat menyampaikan ucapan Selamat Tahun Baru Islam 1446 Hijriyah/2024 Masehi dengan harapan kehidupan dan amal yang lebih baik di tahun ini.

“Saya mengajak semuanya, Tahun Baru Islam 1446 Hijriyah menjadi momentum untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan bermanfaat. Sehingga seluruh masyarakat Desa Wungurejo, Kec. Ringinarum, Kab. Kendal diberi kesehatan, keselamatan dan terhindar dari perbuatan dosa” imbuhnya.

Pada giat tersebut dihadiri oleh ratusan warga sekitar yang antusias menyambut tahun baru islam 1446 H. Dengan dipandu oleh tokoh agama setempat dalam memanjatkan doa, dzikir dan melantunkan sholawat baginda Nabi Muhammad SAW. 

Kreator : Medinfo KKN MIT-18 Posko 50 UIN Walisongo Semarang

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tulis opini Anda seputar isu terkini di Kompasiana.com




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline