Lihat ke Halaman Asli

Kalau Bukan Diri Sendiri Lalu Siapa Lagi

Diperbarui: 28 Februari 2024   06:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Banyak konselor yang harus menghadapi banyak klien dengan masalah yang begitu beragam bahkan permasalahan-permasalahan yang begitu rumit dan harus berhadapan juga dengan masalah pribadi dari konselor itu sendiri. Sehingga berdasarkan hal ini, terkadang konselor berada didalam tekanan yang dapat mengakibatkan stress dan mengganggu Kesehatan mental dari konselor. Adapun sesuatu yang membutuhkan usaha keras untuk diselesaikan seperti, adanya masalah maupun sesuatu yang tidak memadai atau tidak sempurna. 

Masalah merupakan situasi yang membingungkan dan menimbulkan keraguan sehingga membutuhkan pemikiran untuk menemukan solusi. Orang yang mengalami tekanan dan stress, akan melakukan tindakan-tindakan atau perilaku yang tidak wajar, yang dapat menyebabkan kerugian pada diri sendiri dan atau orang lain (John M Ivancevich,1992). Untuk menjaga kesehatan fisik dan mental Anda. Luangkan waktu untuk diri sendiri setiap hari untuk melakukan healing dan temukan aktivitas yang Anda sukai. Namun, belakangan ini istilah dan arti healing memang begitu populer di sosial media. Kata healing sebenarnya sudah ada sejak lama. Karena memang kata tersebut diambil dari bahasa asing. Mulai dari komentar, postingan status, caption, dan lain sebagainya. 

Tindakan yang tergesa-gesa hanya akan menuai penyesalan. Maka kendalikan diri, jangan ingin cepat-cepat menyelesaikan suatu aktivitas tanpa perhitungan matang. Saat dihadapkan pada masalah yang rumit, segera petakan masalah tersebut secara BAL (Benar, Akurat, dan Lengkap). Setelah informasi terkumpul, barulah kita membuat keputusan untuk segera bertindak. Jangan terpancing untuk marah dan bertindak emosional ketika kita dihadapkan pada suatu masalah. Marah hanya akan memuaskan nafsu. Sedangkan nafsu yang tidak terkendali bukan jalan meraih kebenaran dan kemuliaan hidup. Bukan tidak boleh kita bertindak, yang tidak boleh adalah bertindak secara emosional. 

Healing berasal dari bahasa Inggris yang jika diartikan menurut kamus besar bahasa Inggris terjemahan Indonesia mengacu pada arti penyembuhan. Lingkup penyembuhan dari kata healing sendiri sebenarnya cukup besar. Arti healing juga dapat dikaitkan dengan penyembuhan jiwa, perasaan, batin, maupun pikiran. Oleh karena itu, muncul istilah self healing atau jika diartikan adalah penyembuhan diri. Self-healing dapat menjadi alat yang bermanfaat bagi klien yang ingin lebih mandiri dalam mengatasi masalah kesehatan mental mereka. Namun self healing bisa diartikan dalam cakupan yang lebih khusus lagi. Self healing ialah sebuah proses penyembuhan luka batin yang bisa mengganggu ko kondisi emosi seseorang. Tak bisa dipungkiri jika setiap orang memiliki sebuah luka, salah satunya adalah luka batin. 

Proses terjadinya luka batin ini bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti perasaan gagal melakukan sesuatu. Selain itu, luka batin pada diri seseorang sebenarnya memiliki jangkauan waktu yang berbeda-beda bagi setiap orang Konselor dapat membantu klien untuk mengembangkan kemampuan self-healing mereka sehingga mereka dapat menjalani hidup yang lebih sehat dan bahagia. Healing adalah hal yang penting untuk dilakukan karena dapat membantu Anda menjaga kesehatan fisik dan mental Anda. Ada banyak cara untuk melakukan healing, dan Anda dapat memilih aktivitas yang paling sesuai dengan kebutuhan dan minat Anda. 

Teknik yang didasarkan pada pendekatan Mindfulness, teknik ini dapat diberikan kepada klien yang digunakan untuk self healing, karena Mindfulness untuk melatih klien untuk fokus pada saat ini dan menerima pikiran dan perasaan mereka tanpa menghakimi. "Mindfulness adalah tentang melatih diri Anda untuk memperhatikan dengan cara tertentu. Ketika seseorang penuh perhatian, mereka akan: (1) fokus pada saat ini, (2) mencoba untuk tidak memikirkan apapun yang terjadi di masa lalu atau yang mungkin akan terjadi di masa depan, (3) dengan sengaja berkonsentrasi pada apa yang terjadi di sekitar. mereka, [dan] (4) mencoba untuk tidak menghakimi tentang apa pun yang mereka perhatikan, atau melabeli hal-hal sebagai 'baik' atau 'buruk" - ("How to Practice Mindfulness," nd). 

Penting untuk dicatat bahwa self- healing bukanlah pengganti terapi. Konseling dapat membantu klien untuk mengatasi masalah yang lebih kompleks dan mendasar. Self-healing dapat menjadi alat yang membantu klien untuk melanjutkan proses pemulihan mereka setelah menyelesaikan konseling. Masalah adalah bagian dari kehidupan. Yang terpenting adalah bagaimana Anda menghadapinya. Dengan menghadapi masalah secara positif dan konstruktif, Anda dapat belajar dan berkembang. Jangan panik atau marah ketika Anda menghadapi masalah dan carilah solusinya untuk menyelesaikan masalah.

Oleh: Wahyu Eka, Adhi Krisna Maria Agustin




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline