Lihat ke Halaman Asli

LAPAS KELAS IIB BANJARBARU

Dikelola Humas Lapas Kelas IIB Banjarbaru

Kenakan Pakaian Adat Nusantara, Petugas Lapas Banjarbaru Laksanakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023

Diperbarui: 1 Juni 2023   15:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh Petugas Lapas Banjarbaru, ratusan Warga Binaan Pemasyarakatan Residen Rehabilitasi Sosial dan Pembinaan Kepramukaan/Dokpri

Banjarbaru, Info_PAS - Mengenakan pakaian adat Nusantara, seluruh Petugas Lapas Kelas IIB Banjarbaru mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila yang bertempat di Lapangan Upacara Lapas Banjarbaru, Kamis (1/6/2023). Kegiatan ini turut diikuti oleh ratusan Warga Binaan Pemasyarakatan Residen Rehabilitasi Sosial dan Pembinaan Kepramukaan.


Bertindak sebagai Inspektur Upacara yaitu Kepala Lapas Kelas IIB Banjarbaru, Amico Balalembang dengan berpakaian adat Banjar Provinsi Kalimantan Selatan. Dalam kesempatan tersebut, Amico membacakan amanat tertulis Presiden Republik Indonesia, H. Joko Widodo kepada seluruh peserta Upacara.

"pondasi dari semua itu adalah ideologi Pancasila yang diwariskan oleh founding fathers kita, Presiden pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno. Ideologi ini yang menjadi jangkar dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang harus terus kita pegang teguh untuk memperkokoh kemajuan bangsa," ujarnya.

Amico mengatakan ideologi Pancasila telah mengajarkan sikap toleran, keberanian dan menghargai perbedaan yang telah membuat kepemimpinan Indonesia diterima dan diakui dunia. "Presidensi G20 telah sukses kita laksanakan, negara yang berseteru bahkan yang sedang berperang bisa duduk bersama untuk mencari solusi damai. Ini adalah bukti bahwa Pancasila bukan hanya utama untuk Indonesia, tetapi juga relevan untuk dunia," ungkapnya.

Lebih lanjut Amico menyampaikan bahwa toleransi, persatuan dan gotong royong adalah kunci membangun bangsa yang kokoh. Amico juga mengajak untuk bergerak bersama, menolak ekstrimisme, menolak politisasi identitas dan agama, serta menolak segala bentuk provokasi.

"mari kita sambut pesta demokrasi dengan kedewasaan dan sukacita dengan memegang teguh Pancasila. Mari kita perjuangkan visi Indonesia 2045 menjadi Indonesia maju yang adil, sejahtera dan merata, serta berwibawa dalam percaturan pergaulan dunia," tutupnya menyampaikan amanat Presiden Republik Indonesia.

Usai melaksanakan kegiatan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023, seluruh Petugas Lapas Banjarbaru mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 secara virtual yang dipimpin langsung oleh Presiden Republik Indonesia, H. Joko Widodo.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline