Lihat ke Halaman Asli

Wahyu Asri Nur Tri Via Sari

mahasiswa/Bimbingan dan Konseling/Fakultas Ilmu Pendidikan/Universitas Negeri Surabaya

Peran Mahasiswa dalam Perkembangan Indonesia

Diperbarui: 4 Oktober 2023   12:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Mahasiswa adalah sesorang yang menempuh pendidikan tinggi di perguruan tinggi. Mahasiswa berarti pelajar yang paling tinggi kedudukannya dibanding tingkat pelajar lain. Mahasiswa merupakan generasi muda yang diharapkan akan membawa perubahan bagi negara. Dalam perkembangan negara diharapkan adanya peran mahasiswa untuk membantu menuju Indonesia maju. Peran apa yang dapat diberikan oleh mahasiswa ?

Mahasiswa dapat mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, isi tri dharma perguruan tinggi, amtara lain :

  • Pendidikan
  • Penelitian
  • Pengabdian kepada masyarakat

Mahasiswa dituntut untuk meuwujdkan dan menerapkan tri dharma perguruan tinggi, dengan harapan dapat menghasilkan perubahan untuk negara. Selain hal itu, terdapat beberapa peran mahasiswa, sebagai berikut :

  • Mahasiswa sebagai iron stuck, mahasiswa dituntut memiliki kepribadian yang baik, akhlak yang terpuji sebagai generasi muda bangsa yang akan melanjutkan kepemimpinan Indonesia di tahun mendatang.
  • Mahasiswa sebagai agent of change, mahasiswa adalah agen pengubah yang berdiri di barisan paling depan menyuarakan aspirasi rakyat. Hal ini merupakan yang paling penting dalam membawa Indonesia untuk lebih baik. Agent of change sering kali disuarakan mahasiswa ketika melakukan perubahan -- perubahan terkait kebijakan pemerintah melalui serangkaian yang dilakukan.
  • Mahasiswa sebagai guardian of value, peran mahasiswa sebagai guardian of value adalah bagaimana mahasiswa bisa menjaga nilai -- nilai kebaikan yang ada di masyarakat. Nilai -- nilai seperti kejujuran, gotong royong, empati, keadilan, integrasi dan sebagainbya adalah hal yang harus dipertahankan keberadaannya di masyarakat.
  • Mahasiswa sebagai moral force, mahasiswa harus mencerminkan nilai karakter terbaik sesuai dengan tingkatan intelektualnya. Pendidikan sebagai upaya pembentukan karakter idealnya muncul dengan perilaku moral terbaik yang ditunjukkan oleh seorang mahasiswa. Hal ini adalah peran idealnya dalam mewujudkan kehidupan bangsa yang beradab.
  • Mahasiswa sebagai social control, hal ini merupak peran mahasiswa untuk melakukan kontrol kepada hal- hal yang bertentangan dengan nilai keadilan masyarakat.

Peran -- peran tersebut sebaiknya diwujudkan masiswa sebagai upaya membantu perkembangan Indonesia menjadi lebih maju. Bagaimana cara mahasiswa mewujudkan peranan tersebut? Berikut ini beberapa langkah untuk peranan tersebut :

  • Sebagai mahasiswa perlu sadar politik dan kondisi kehidupan bernegara.
  • Mendapat IPK tinggi memang penting, tetapi bagaima tetap membela kepentingan masyarakat melalui gerakan mahasiswa juga tidak boleh diabaikan.
  • Mahasiswa memilih gerakan yang sesuai dengan visi misi tujuannya.
  • Mahasiswa aktif terlibat di organisasi dan Gerakan mahasiswa tanpa mengabaikan urusan kuliah.
  •  Mahasiswa meiliki manajemen waktu yang baik.

Sehingga peran mahasiswa sangat dibutuhkan untuk  mengembangkan  negara. Mahasiswa tidak hanya menuntut ilmu, tetapi mahsiswa juga dituntut untuk aktif dalam membela negara. Sesuai dengan tri dharma perguruan tinggi, mahasiswa tidak hanya melakukan pendidikan, tetapi mahasiswa juga melakukan penelitian untuk menghasilkan sebuah karya dan mahasiswa juga melakukan pengabdian kepada masyarakat untuk membantu dan menyuarakan aspirasi masyarakat. Mahasiswa dituntut untuk melek akan perkembangan negara baik isu politik maupun yang lainnya.             




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline