Lihat ke Halaman Asli

WAHYU TRISNO AJI

Selamat datang. Dalam pemikiran sebebas mungkin dalam ruang prespektif bahasa. Yang dimana sejalan dengan rasio dan empirik yang kritik. Mari berkontribusi untuk mengkonstruksi paradigma berfikir menjadi lebih ambivelensi terhadap kehidupan yang penuh jawaban yang bercabang

Membaca Politik dan Indonesia

Diperbarui: 2 Agustus 2024   06:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Manusia terlahir sebagai mahkluk sosial, mereka hidup seakan-akan terikat satu sama lain. Mungkin saja, ada para manusia yang mandiri, namun kemandirian mereka ada dalam asas menentukan pilihan dengan usaha, namun tidak melepaskan diri dengan individu yang lain. 

Sebagai mahkluk sosial, manusia juga adalah mahkluk politik, mereka mencintai satu sama lain, kemudian membuat sistem kehidupan yang dijalankan pada satu kepercayaan untuk mereka bergerak secara massal, disebutkan sebagai pemerintah. 

Memang perlu dikenali lagi, bahwa pemerintah tidak lepas dari bagian politik, sehingga pemerintah adalah anak dari politik. Secara definisi, pemerintah adalah mereka yang dipercayai atau yang memiliki privilege dalam menguasai kemudian memberikan pengaruh kepada yang lainnya secara legal. Pemerintah eksis karena mereka diakui berdasarkan hukum yang berlaku, sehingga eksistensi mereka bertujuan untuk mengatur, mengontrol, mewujudkan sesuatu hal dan banyak lainnya yang berkenaan dengan struktur kehidupan sosial manusia. 

Pemerintah adalah bentuk kepercayaan yang diyakini lebih kuat, karena ia berdasarkan aturan tertentu disepakati untuk hadir. Adanya dialektika dalam eksistensi pemerintah menunjjukan bahwa memang, selain sebagai mahkluk sosial dalam hidup, manusia juga sebagai mahkluk berpolitik dalam mengatur jalan kehidupan. 

APA ITU POLITIK? 

Secara makna istilah, Kata politik berasal dari kata polis dalam bahasa Yunani. Kata ini memiliki arti yaitu negara kota. Kata politik memang dalam sejarah muncul dari reaksi atas munculnya kehidupan masyarakat yunani yang kala itu memerlukan struktur kehidupan dalam mengatur dan berkembang. Kota atau polis adalah representasi dari masyarakat yang mulai hidup dengan saling mempercayai, sehingga mereka melahirkan aturan, hukum dan Pemerintahan untuk hidup secara selaras. Sekaligus juga, mencatat berbagai keperluan, kemudian mensintesiskan dalam garis besar. Sehingga, yang dipercayai dalam polis untuk mewakili isi hati dari setiap masyarakat adalah pemerintah. 

Dalam pandangan Ramlan subakti, ia menjelaskan Politik ialah interaksi antara pemerintah dengan masyarakat dalam rangka proses pembuatan dan pelaksanaan keputusan yang mengikat tentang kebaikan bersama masyarakat yang tinggal dalam suatu wilayah tertentu. Dalam pandang F Isjwara Politik adalah bentuk perjuangan untuk mendapatkan atau cara menjalankan kekuasaan. Tentunya disertai dengan niat dan tujuan yang baik untuk kepentingan bersama.

Dalam banyak pandangan ilmuwan, politis maupun filsuf memiliki titik tekan yang sama dalam mendefinisikan politik, yakni tentang bagaimana cara sesuatu hal itu terwujud, terkhususnya dalam kekuasaan. 

Politik menjadi sesuatu kebutuhan penting bagi manusia hingga hari ini. Karena, dengan politik manusia bisa saling bertukar idea sosial, sekaligus juga mengimplementasikan dalam kehidupan sosial nya. 

Manusia selalu memiliki tujuan untuk hidup bahagia dalam kehidupan sosial mereka. Sehingga, politik eksis untuk mewujudkan kesejahteraan, adanya aturan eksis sekaligus adanya pemerintah sebagai sosok penguasa merupakan jalan untuk menyatukan ide yang sama dalam kebahagiaan untuk semua orang. 

Dalam politik, semua orang tidak berhak untuk mendapatkan kebahagiaan, selagi mereka tidak menguasahakannya. Pemerintah hadir untuk memutuskan aturan atau hukum apa yang berlaku secara universal, melindungi dan memberikan kebebasan atas hak dimiliki oleh warga negara. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline