Kembalinya Po Akas di trayek Jakarta disambut oleh masyarakat, khususnya untuk masyarakat di daerah Jember dan sekitarnya. Po ini juga membuat nama perusahaan baru, dan menghidupkan kembali trayek Po Akas II yang lama. Dulu sempat dijalankan lalu diberhentikan sementara waktu dan membuka nama baru yaitu "Akas Aurora".
Po Akas Aurora bangkit dibantu oleh pihak perusahaan 27 trans, dikarenakan sebelumnya pemilik dari Po Akas II memiliki kerabat dekat dengan pemilik Po 27 Trans. Sehingga Po 27 trans melakukan kerja sama dan me rebranding Po Akas II untuk membangkitkan kembali trayek Jakarta yang dimiliki Po Akas II. Selain itu kerja sama ini membangun PT Andry Febiola Trans sebagai nama perusahaan baru untuk Po Akas Aurora ini pada 18-September-2024. Tidak cuma menghidupkan kembali trayek lama yang sudah ditinggalkan, tetapi Po ini juga melakukan gebrakan inovasi baru dalam memberikan pelayanan fasilitas kepada penumpang di trayeknya.
Akas Aurora juga menyediakan fasilitas unggul yang dapat menyamakan seperti kompetitor lain di trayeknya. Seperti kursi baris 2-2 dilengkapi sandaran kaki dan bantal selimut, port USB, AC, serta fasilitas tambahan seperti TV dan toilet di dalam Bus. Bus yang dimiliki juga memiliki bagasi yang sangat besar sehingga bisa membawa 2 sampai 3 motor di dalam bagasi, semua fasilitas tercantum dalam 1 bus untuk memenuhi kenyamanan penumpang. Selain itu Akas Aurora memiliki konsep servis makan yang melimpah, seperti servis snack, servis makan untuk di perjalanan. Dengan kurun harga mulai dari Rp380.000 sampai Rp620.000 bus ini sudah menyediakan banyak fasilitas dan servis yang memuaskan, sehingga dapat menyetarakan dengan kompetitor lain di trayeknya, bahkan bisa melebihi karena servis makan nya yang melimpah dapat menjadi nilai tambahan.
Strategi rebranding yang dilakukan oleh Po 27 Trans pada Po Akas Aurora terbukti efektif. Karena dengan pengalaman dan keahlian Po 27 Trans dalam mengelola trayek Malang - Jakarta yang dapat menyusun sebuah strategi baru untuk trayek Jember - Jakarta yang akan dijalankan oleh Po Akas Aurora ini, mulai dari memperbanyak fasilitas dan servis makan, dapat menambah daya tarik penumpang di daerah tersebut. Dengan itu penumpang daerah Jember yang mau bepergian ke arah Jakarta dapat merasakan fasilitas bus yang sama seperti Po 27 Trans hanya dengan menaiki Po Akas Aurora, bahkan dengan harga yang sepadan dan relatif murah dari kompetitor lain di trayeknya dapat memunculkan minat pada penumpang. Ini merupakan strategi yang cerdik ditengah persaingan bisnis transportasi antar perusahaan otobus yang semakin ketat di trayek Jember-Jakarta.
Kembalinya PO Akas ke trayek Jakarta - Jember tidak hanya menguntungkan bagi perusahaan sendiri, tetapi menguntungkan bagi masyarakat juga yang menjadi penumpang lama menunggu kembalinya trayek tersebut diaktifkan kembali. Peningkatan kualitas layanan transportasi bisa mendukung memajukan perekonomian di daerah yang dilalui. Selain itu, kembalinya Akas Aurora juga akan memacu persaingan sehat antar kompetitor di trayeknya antar operator bus lainnya, sehingga dapat menjadi tambahan untuk konsumen atau penumpang yang akan menggunakan moda transportasi tersebut.
Dibalik kelebihan nya, Akas Aurora juga perlu memperhatikan beberapa hal. Seperti harus menjaga konsistensi dalam menjaga kualitas layanan, tepat waktu dalam perjalanan dan jam operasional, dan menambah armada untuk menyanggupi banyaknya kebutuhan penumpang yang akan menaikinya dan tetap berinovasi ditengah persaingan dengan kompetitor lain. dengan segala potensi yang dimiliki, Akas Aurora memiliki peluang untuk menjadi yang unggul di bidangnya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H