Lihat ke Halaman Asli

Wahyu Sapta

TERVERIFIKASI

Penulis #Peraih Best In Fiction Kompasiana Award 2018#

Resensi Buku: Kisah Cinta & Pernikahan

Diperbarui: 2 Juni 2016   10:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber Gambar: Dokpri, Buku Kisah Cinta & Pernikahan

Judul        :   Kisah Cinta & Pernikahan

Penulis    :   50 Kompasianer

Penerbit   :   KOBAR-SA MEDIA

Cetakan :   Cetakan pertama, Mei 2016

Tebal       :   viii + 243 halaman

ISBN        :   978-602-72874-33

Buku ini merupakan buku kumpulan fiksi cerita pendek yang ditulis oleh 50 Penulis/Kompasianer yang aktif di blog keroyokan Kompasiana. Bertema Kisah Cinta & Pernikahan. Merupakan buku yang diterbitkan atas kerjasama antara Kompasianer Mas Wahyu dan Lin Halimah dengan Fiksiana Community pada tahun 2014. Karena kesibukan Mas Wahyu, maka buku ini baru bisa terbit pada Mei 2016.

Dari 243 halaman buku ini, banyak kisah yang berhubungan dengan cinta dan pernikahan. Misalnya, karya dari penulis Asriani, yang berjudul Kapan Kita Nikah? menceritakan bahwa menikah menurut versi mereka, membutuhkan tabungan yang cukup. Sehingga demi menggapai pernikahan antara Berry dan Masha (tokoh dalam cerita ini) rajin menabung. Dengan intrik yang lumayan menggelitik, ternyata tak mudah menjalaninya. Meski akhirnya di waktu yang telah ditentukan mereka bisa melaluinya.

Cerpen dari Dewi Siswanto yang berjudul Jatuh Cinta Lagi juga patut disimak. Di sini diceritakan bahwa, meski telah menjalani pernikahan beberapa tahun lamanya, kadang-kadang tak semulus yang diinginkan. Karena kesibukan kerja antar sepasang suami istri, pernikahan menjadi hambar. Barulah saat salah satu orang yang dicintai mengalami sebuah musibah, cinta itu diuji. Akhirnya karena memang memiliki dasar cinta yang kuat, jatuh cinta lagi pada pasangan yang sama, bukanlah hal yang tabu. Bahkan merupakan salah satu kekuatan cinta dan pernikahan.

Ada juga tentang sebuah kesetiaan sampai akhir hayat dalam sebuah pernikahan. Seperti cerpen dari Ryan Mintaraga yang berjudul Janji Seorang Suami. Merupakan kisah nyata dari ayahnya. Dikisahkan dalam cerita ini, sang suami tetap setia pada sang istri meski telah ditinggalkan selama duapuluh lima tahun.

Mereka memiliki perjanjian, bahwa apabila yang meninggal duluan adalah sang suami, maka sang istri harus menikah lagi demi masa depan anak-anaknya. Tetapi apabila yang meninggal sang istri, maka sang suami berjanji tidak akan menikah lagi, selama apapun. Dan ketika Tuhan berkehendak bahwa yang berpulang terlebih dahulu adalah sang istri, maka sang suami tetap memegang janji. Sungguh kisah yang mengharukan. Kesetiaan hingga akhir hayat.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline