Lihat ke Halaman Asli

Keindahan Pantai yang Eksotis di Kebumen

Diperbarui: 17 Juni 2015   15:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1418750254391876920

Kabupaten Kebumen yaitu sebuah kabupaten yang berada di provinsi Jawa Tengah yang mempunyai banyak keindahan alam yang masih belum banyak di ketahui. Salah satunya adalah tempat wisata Pantai Menganti. Pantai Mengati, pantai yang berada di desa Karangduwur Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen,pantai yang bersebelahan dengan samudera Hindia. Pantai yang memiliki air yang berwarna biru dan berpasir putih yang sebelumnya digunakan para penduduk setempat untuk tempat berlabuh para nelayan setempat setelah mencari ikan, kini pantai tersebut membuat para wisatawan lokal maupun interlokal tertarik untuk mengunjunginya. Pantai menganti dikelilingi oleh bukit-bukit batu Gamping dan batu Klastika gunung api dan tebing-tebing yang menjuang tinggi, yang biasanya digunakan untuk panjat tebing. Banyaknya pohon kelapa di tepian laut menghasilkan nuansa dan pesona nan indah.

Dipantai ini para pengunjung dapat melihat aktivitas keseharian penduduk sempat sebagai nelayan. Jika para pengunjung kelaparan santai saja, disana banyak warung makan yang berbagai macam makanan. Jika anda ingin membakar ikan sendiri, penduduk setempat juga mejual ikan segar yang siap diolah oleh para pengunjung.

Untuk mencapai pantai ini pengunjung inerlokal dapat menggukan kereta, yang berhenti di stasiun Gombong. Setelah sampai di stasiun gombong anda bisa menggunakan angkutan umum jurusan pantai logending. Dari pantai logending anda bisa menyewa tukang ojek dengan ongkos Rp. 25.000,00. Jika para pengunjung lokal yang ingin mengunjungi pantai menganti dari pusat kota Kebumen membutuhkan waktu sekitar 2 jam agar sampai di pantai menganti. Jalan yang dilalui menuju pantai menganti melewati beberapa pantai yang tidak kalah indah, antara lain ; Pantai Petanahan, pantai suwuk dan panai pecaron. Jalan yang dilalui untuk samapai ke panai mengati sangatlah menyeramkan, oleh karena iu para pengunjung diharapkan  hati-hati bila mengunjungi pantai ini dengan menggunakan motor. Untuk masuk ke pantai menganti para pengunjung dikenakan biaya Rp. 3000,00 per orang sebagai tiket masuk, dan Rp. 2000,00 sebagai pembayaran parkir kendaraan.

Dibukit sebelah timur pantai, ada tempat dimana anda dapat melihat lautan luat secara bebas di atas bukit. Disana para pengunjung disediakan tempat duduk yang disewakan, untuk ukuran kecil anda dikekan biaya Rp. 5000,00 sedangkan untuk ukuran besar dikenakan biaya Rp. 10.000,00. Untuk menemani pemandangan yang indah lebih baik , kita bisa membeli kelapa muda yang rasanya segar. Sedangkan dibukit sebelah barat pantai, terddapat juga mercusuar buatan belanda,anda juga bisa naik ke atas untuk menikmati keindahan sunrise.

Jika para pengunjung ingin mendirikan tenda, disana anda bisa menirikan tenda untuk bermalam.  Jika malam tiba dan cuacanya cerah maka anda akan melihat hamparan bintang yang indah dilangit yang luas dan pemandangan malam yang indah pulau Nusa Kambangan terlihat jelas. Apalagi pada saat malam tahun baru 2014 kemarin, betapa indahnya malam tahun baru yang dilengkapi dengan pemandangan-pemandangan kembang api yang diihat dari atas bukit. Di pantai menganti memiliki karang yang indah dan terdapat juga goa-goa.

14187514301239189406



Pantai menganti juga tidak luput dari para pemancing ikan lokal maupun interlokal, dan hasil pancingannya ada yang dijual ke TPI dan ada yang dibawa pulang. Selain untuk memancing dan liburan, ada juga yang menggunakan pantai menganti sebagai tempa foto-foto, seperti foto model, dan foto pre wedding.

Saya sudah pernah mengunjungi pantai menganti dan sudah saya telusuri hampir seluruh bagian-bagian pantai menganti, dan saya merasa puas akan keindahan alam yang masih alami. Dan saya bangga mempunyai pantai yang indah seperti pantai menganti. Bagi kawan-kawan yang penasaran akan keindahan pantai menganti, kunjungi saja langsung pantai menganti.

14187515571030393106





BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline