Lihat ke Halaman Asli

WAHYU PURWO SEJATI

SMKN 2 PURWOREJO

Belajar Gamelan dengan Cara Menyenangkan Melalui Aplikasi E-Gamelan

Diperbarui: 27 November 2023   15:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

BELAJAR GAMELAN DENGAN CARA MENYENANGKAN MELALUI APLIKASI E-GAMELAN

 

GAMELAN JAWA identik dengan tradisi konvensional yang telah dianut oleh masyarakat dari zaman lampau. Gamelan Jawa dimainkan dengan cara tradisional dan dinikmati dalam prosesi-prosesi adat di daerah Jawa.

 

Dibandingkan alat musik lainnya, kehadiran gamelan Jawa terbilang tidak terlalu populer dan diminati oleh generasi muda. Karena itu, tidak banyak orang yang bisa memainkannya. Karena kurangnya minat, proses regenerasi pemain juga tidak baik sehingga alat musik ini rentan ditinggalkan.

 

Perkembangan teknologi jaman sekarang ini sangat mempermudah kita dalam belajar berbagai hal. Salah satunya untuk belajar instrument gamelan, dengan sebuah aplikasi kita dapat belajar gamelan tanpa harus harus memiliki alat musik tersebut.

 

Mata pelajaran Bahasa Jawa untuk SMK kelas XII mempelajari Teks Eksposisi tentang Gamelan. Pada Kompetensi Dasar yang perlu dipelajari, siswa mampu menulis teks eksposisi tentang gamelan. Namun supaya siswa mengenal peralatan gamelan dan tahu serta diharapkan bisa memainkan instrumen gamelan seperti apa, maka siswa belajar memainkan instrumen gamelan menggunakan game atau aplikasi sebagai sarana belajar.

 

Menggunakan game sebagai sarana belajar adalah strategi yang bagus karena game identik dengan proses yang menyenangkan. Dengan demikian, siswa pun dapat mempelajari alat musik gamelan Jawa secara sukarela.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline