Lihat ke Halaman Asli

Wahyu Pitri

Mahasiswa

Sukseskan Remaja Pendidikan dengan Layanan Informasi yang Baik

Diperbarui: 22 November 2021   11:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Pendidikan merupakan satu pengetahuan dan pembelajaran bagi sekelompok orang maupun diri sendiri  yang dapat diturunkan kepada anak cucu kita serta orang lain,dan merupakan satu hal yang penting di dunia ini, karena di dunia ini sangat membutuhkan seorang yang berpendidikan agar dapat membangun jiwa peminpin yang baik bagi nusa dan bangsanya. Dan pergaulan-pergaulan  remaja yang kadang kala mengandung hal yang positif dan negatif yang di serai dengan kemajuan teknologi yang makin canggih saat ini.

Kemajuan teknologi saat ini tidak bisa di pisahkan dari kehidupan masyarakat dan terutama ada dunia pendidikan. Saat ini dapat kita liat bahwa betapa begiu sudah cangihnya dunia ini dengan adanya teknologi informasi. Mulai dari tersedianya Hp,laptop,komputer dan lain sebagainya yang dapat kita gunakan bagi keberlangsungan kehidupan kita sehari-hari yang menghadirkan informasi yang begi beragam.

Namun mengingat luasnya informasi yang tersedia saat ini membuat para pendidik mengetahui pula informasi manakah yang relevan bagi untuk mereka dan mana yang tidak relevan,serta informasi seperti apa yang dapat menyangkut data dan fakta yang dapat berbah dan idak dapat berubah dengan beredarnya waktu. Sebab perkembangan teknologi yang begitu pesat sangat mempengaruhi bagi kehidupan masyarakat terutamanya di dnia pendidikan yaitu para remaja.

Maka di samping itu para remaja di dunia pendidikan khsusnya harus paham terlebih dahulu dalam menyaring  informasi yang yang ada. Dengan tujuan agar para remaja di dunia pendidakan dapat menggunkan layanan informasi ini sebagai  bahan pertimbangan dan pengambilan keputusan dan kepeningan remaja. 

Ada tiga alasan mengapa layanan informasi ini perlu perjelaskan lebih dalam. Yang pertama itu  agar dapat membekali individu pada remaja dengan berbagai pengetahuan akurat,kedua dapat menjadikan remaja agar lebih paham dalam mengambil serta menyaring suatu berita dan informasi sebelum di sebar luaskan,ketiga dapat menjadikan remaja paham akan ppengambilan kepusan-kepputusan yang berbeda sesuai kehidupan  masing-masing.

Dari ketiga alasan itu,layanan informasi merupakan kebuhan yang aman penting tingkatnya bagi kehidupan sehari-hari terutama pada zaman sekarang ini dan dalam dunia pendidikan. Di sekolah para siswa tidak hanya di ajari tenang bagimana membahas dan cara mengerakan pelajaran namun mereka juga di ajari tenang etika yang baik,begitu pula saat para siswa tidak berada di lingkungan sekolah. Yang sebalikanya etika dan sopan santun itu di ajari oleh orang tua mereka.

Dari yang dapat kita pahami dalam kemajuan teknologi yang ada sekalang ini,terutama pada media sosial yang menyediakan begitu bermacam ragam berita dan informasi. Yang sudah sangat hampir semua kalangan orang banyak mengaksesnya,terutama para remaja di dunia pendidikan.

Dari berbagai jenis informasi yang di di akses itu terdapat dapak positif dan negatifnya,contohnya dapak positif yaitu  dengan menyediakan tentang kegunaan layanan yang berguna dan menghasilkan hal yang baik  serta mengadakan sosialisasi  tentang internet yang baik dan ada dampak negaif yang ada di layanan informasi contohnya perjudian online yang ada di internet,penipuan dan pornografi yang sanga berengaruh sekali bagi remaja.

Layanan informasi ini juga sanga penting bagi keberlangsungan hidup di masa yang akan detang terutama pada dunia pekerjaan. Yang harus memiliki etika yang baik dan tutur kata yang sopan dalam melayani dan berbicara bila bertatap muka pada orang lain. Yang suatu saat sangat berpengaruh bila tidak benar-benar di pahami dan pelajari. Namun tak hanya itu layanan informasi juga dapat kita akses melalui HP,terutama pada remaja yang ada masa pendemi saat ini kesulian dalam melakukan kegiatan belajar mengar,tetapi jangan khawatir dalam dunia teknologi  layanan informasi sekarang sudah tidak perlu khawatir lagi.

Contohnya para remaja pendidikan dapat mengakses aplikasi ipunas,ijakarta,ikalbar, dan ijoga yang tersedia di playstore HP kita,yang berupa sebuah aplikasi yang mengandung banyak referensi untuk kita jadikan belajar pada masa pendemi saat ini dan dapat di artikan dalam sebah perpustakaan online.  Nah, apa itu perpustakaan? 

Dalam arti perpustakaan adalah sebuah koleksi buku dan majalah,dan apakah itu perpustakaan online? Perpustakaan online atau yang dapat kita kenal dengan perpustakaan digital merupakan perpustakaan yang mempunyai koleksi buku sebagian besar dalam bentuk format digital dan yang bisa di akses dengan komputer,laptop dan HP yang kita miliki.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline