Lihat ke Halaman Asli

Kondisi Perekonomian Indonesia dan Tingkat Kemiskinan Pasca Pandemi Covid-19

Diperbarui: 21 Januari 2022   18:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber: pinterest

Wabah covid sangat merugikan perekonomian negara karena semenjak kasus covid di indonesia  banyak aktivitas perekonomian indonesia yang terhambat dan meningkatnya presentase kemiskinan di karenakan banyaknya masyarakat yang menjadi pengangguran 

"Dunia pada tahun lalu mengalami kontraksi minus 3,2% dari sisi pertumbuhan ekonominya. Akibat Covid-19 yang kemudian disertai pembatasan mobilitas lalu menciptakan kemerosotan ekonomi," ," kata Menkeu Sri Mulyani Indrawati dalam acara Seminar Nasional ISEI Tahun 2021, yang diselenggarakan secara daring pada Selasa (31/08).

Keadaan perekonomian yang menurun ini juga menyebabkan menurunnya tingkat kesejahteraan masyarakat indonesia, hal ini bisa di lihat melalui meningkatnya presentase kemiskinan di indonesia, kemiskinan di indonesia meningkat menjadi 10,14% dengan jumlah penduduk miskin 27,54 juta orang.

menaiknya tingkat kemiskinan ini disebabkan banyaknya pengangguran di indonesia akibat pandemi covid 19, banyaknya perusahaan yang memecat karyawannya sehingga sulit untuk menemukan lapangan pekerjaan pada saat pandemi ini

hal ini menyebabkan masyarakat menengah ke bawah menjadi kesulitan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, hal ini juga dikarenakan banyaknya harga bahan pokok yang meningkat drastis sehingga sangat sulit bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

saat ini pemerintah telah mengupayakan untuk pemulihan perekonomian indonesia, diharapkan pada tahun 2022 keadaan ekonomi indonesia bisa meningkat sehingga dapat membuat tingkat kemiskinan akibat pandemi covid ini menurun.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline