Lihat ke Halaman Asli

Mari Mengenal Irama dan Melodi dalam Bermusik

Diperbarui: 26 Juni 2015   11:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Musik merupakan hal yang sangat familiar dan semua orang pasti mengetahuinya. Aktivitas manusia tidak akan pernah lepas dari kegiatan bermusik baik dari kegiatan keagamaan sampai acara pribadi tidak pernah sekalipun melupakan peran adanya musik. Dalam musik kita mengenal adanya irama dan melodi yang saling berinteraksi sehingga membentuk suara musik yang baik. Irama dan melodi tersebut merupakan unsur-unsur yang terdapat dalam musik. Apa irama dan melodi itu??? Untuk mengetahui lebih lanjut apa itu irama dan melodi mari kita bahas satu persatu.

IRAMA

Dalam bermusik kita tentu sering mendengar istilah irama tetapi tahukah kalian apa itu irama?? Irama adalah urutan rangkaian gerak yang menjadi unsur dasar musik dan tari (Jamalus, 1989). Menurut M. Soehartono (1986) menyatakan bahwa irama sebagai gerak yang teratur, dimana irama selalu mengikuti jalan melodi. Sedangkan menurut Wikipedia irama adalah penekanan bunyi-bunyi pada peristiwa-peristiwa lain yang terkait dengan berlangsungnya masa. Irama dalam seni musik terbentuk dari sekelompok bunyi dan nada dengan bermacam-macam lama waktu atau panjang pendeknya, membentuk pola irama dan bergerak menurut pulsa dalam ayunan birama. Pulsa?? Apakah seperti pulsa dalam handphone?? Tentu saja yang dimaksud dalam hal ini berhubungan dengan musik dimana pulsa merupakan rangkaian denyutan yang datang secara berulang dan teratur yang dapat dirasakan dan dihayati dalam musik. Irama merupakan gerak musik yang berjalan teratur yang tidak tampak dalam lagu, tetapi dapat dirasakan sesudah lagu dilantunkan. Dalam hal ini irama dapat berjalan tanpa adanya melodi.

MELODI

Melodi?? Seperti judul film saja ya..tetapi jangan salah kawan yang akan kita bahas bukanlah film yang berjudul " melodi" tetapi melodi yang merupakan unsur pokok dalam musik. Melodi adalah urutan nada dan jangka waktu nada. Melodi juga dapat diartikan sebagai serangkaian nada (bunyi dengan getaran teratur) yang terdengar berurutan serta berirama dan mengungkapkan suatu gagasan. Orang dalam bernyanyi atau bersenandung senantiasa menghasilkan melodi. Melodi dalam seni musik dapat dikatakan unsur kedua setelah irama akan tetapi bisa menjadi unsur pertama apabila dalam menciptakan atau menyajikan musik berawal dari bersenandung atau coba-coba. Dalam melodi kita dapat menjumpai adanya bunyi, notasi melodi, tangga nada, perkuncian, interval, dan tentunya hubungan tangga nada mayor dan minor. Kesemuanya itu merupakan unsur-unsur yang terdapat dalam melodi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline