Lihat ke Halaman Asli

Bupatiku Artis: Kabupatenku Tak Setenar Bupatiku

Diperbarui: 17 Juni 2015   23:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

14113100141539926613

Tiga tahun belakang aku merantau ke Jawa untuk melanjutkan sekolah. Diawal-awal aku berada diperantauan, aku berkenalan dengan banyak teman. Dalam acara orientasi sekolahanku, semua peserta didik diberi kesempatan untuk saling berkenalan. Dari perkenalan tersebut, diharapkan antar peserta didik bisa mengenal nama dan alamat asal. Saat giliranku memperkenalkan diri, setelah menyebut nama lengkap dan nama panggilan, aku juga menyebut alamat asal saya.

Dari perkenalanku tadi ada temanku yang belum jelas,”Wahyu, kamu berasal dari mana? Tanya salah satu temanku.

“saya berasal dari Jambi”, Jawabku.

“Ow, Jambi tho, eh, tapi ngomong-ngomong Jambi itu di pulau apa?

“Di Pulau Kalimantan ya? Tambah temanku.

Aku hanya tersenyum miris, sambil berpikir,”ternyata Jambi belum dikenal luas”.

“Jambi itu dipulau Sumatra mas,” Jawabku dengan kalem.

“Ow, yang Zumi Zola itu ya, yang artis itu”, Celetuk temanku.

Aku hanya mengangguk sambil melontarkan senyum miris.

Dari penggalan ceritaku tersebut, ada pertanyaan yang muncul, sebenarnya temanku yang katrok, atau memang Jambi yang belum dikenal luas?

Kalau temanku yang katrok, kayaknya tidak juga, soalnya dia kenal Pak Zumi Zola, bupati disalah satu kabupaten yang ada di Jambi. Kalau Jambi yang belum dikenal luas, masak bisa sih? Padahal kan Jambi itu nama salah satu provinsi di pulau sumatra yang cukup luas dan tentunya ada dalam peta. Entahlah, yang jelas ini jadi PR untuk para pemimpin Jambi dan bisa juga warga Jambi yang merantau untukmengenalkan Jambi pada masyarakat luas.

Jambi adalah salah satu dari 34 provinsi yang ada di Indonesia. Jambi berada di pulau Sumatra, dengan luas wilayah 53.435 m2, dengan jumlah penduduk 3.250.000, ibukotanya adalah Jambi. Provinsi Jambi terdiri dari 11 kabupaten dan kota, sebagai berikut: Kab. Tanjung Jabung Timur, Kab. Tanjung Jabung Barat, Kab. Muara Jambi, Kota Jambi, Kab. Batanghari, Kab. Sarolangun, Kab. Tebo, Kab. Merangin, Kab. Muara Bungo, Kab. Kerinci dan Kota Sungai Penuh.

Kebetulan aku tinggal di Kab. Tanjung Jabung Timur, kabupaten yang bupatinya Zumi Zola. Walaupun bupatiku artis, tapi kalau aku menyebutkan asalku dari Tanjung Jabung Timur belum tentu ada yang tahu. Aku menyebut asalku dari Jambi saja masih ada yang belum tahu. Kabupatenku memang tak setenar bupatiku, beliau adalah seorang artis nasional yang sudah banyak membintangi film layar lebar dan sinetron di televisi.

Walaupun kabupatenku tidak setenar bupatiku, tapi penduduk di sini merasa nyaman. Kabupaten kami damai, aman dan tentram. Walaupun banyak jalan berlubang, listrik belum masuk, tapi penduduk di sini merasa bangga dan bahagia karena hidup rukun tanpa huru-hara. Walaupun kabupaten kami belum dikenal luas. Minimal bupati kami sudah dikenal luas. Semoga dengan dikenal bupatinya, masyarakat luas jadi mengenal kabupaten kami.

Berbicara tentang prestasi dan penghargaan kabupaten Tanjung Jabung Timur selama kepemimpinan pak Zumi Zola, banyak prestasi dan penghargaan nasional maupun propinsi yang telah diterima, baik itu Pakarti Utama I, WTP dua kali berturut-turut dari BPK, Satya Lencana Pembangunan Bidang Pertanian, penghargaan dari UKP4, Manggala Karya Kencana, dan lainnya. Prestasi yang lain adalah terbangunnya jembatan Aurduri III, Muara Sabak. Jembatan yang menghubungkan pusat perkantoran dangan empat kecamatan yang dahulunya harus menyebrangi sungai dengan perahu. Prestasi lainnya adalah rencana pembangunan pelabuhan samudra, yang sudah mulai pembebasan lahan, serta rencana pembangunan jembatan yang menghubungkan kecamatan nipah panjang dan kecamatan sadu.

Tapi sayangnya masih banyak jalan yang berlubang dan rusak parah, semoga segera diperbaiki. Banyak juga daerah yang belum dialiri listrik, semoga segera dialiri. Karena kemajuan suatu daerah akan tampak dari jalan yang mulus dan alisan listrik. Kabarnya prioritas utama pak Bupati adalah aliran listrik sampai kepelosok-pelosok. Semoga segera terealisasi apa yang menjadi prioritas beliau.

Tahun 2015 provinsi Jambi akan ada pemilihan gubernur. Pak Zumi Zola adalah salah satu kandidat yang sudah bertekad untuk mencalonkan diri menjadi gubernur. Semoga saja dipercaya dan dimenangkan untuk menjadi gubernur Jambi. Siapa tahu dengan gubenurnya seorang artis Jambi bisa lebih terkenal. Semoga saya Pak Zumi Zola terpilih jadi gubernur, biar kabupaten saya lebih cepat kemajuannya, jalan mulus dan listriknya sampai kepelosok-pelosok. Biar kabupaten saya tidak kalah tenar dengan bupatinya.

Jambi, 21 September 2014




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline