Lihat ke Halaman Asli

Wahya Nazifa

Mahasiswi

KKN Tematik Undip Bekerjasama dengan ExoVillage dalam Upaya Pengembangan Potensi Desa di Indonesia

Diperbarui: 26 Desember 2021   09:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Era digitalisasi merupakan sebuah era yang menjadikan semua hal terhubung satu sama lain tanpa adanya batasan jarak maupun waktu. Era ini mejadikan semua hal yang dilakukan dapat terlaksana dengan mudah. Kemudahan ini menjadikan beberapa hal yang sebelumnya hanya dapat dilakukan dengan metode luring, namun sekarang dapat dilakukan juga dengan metode campuran yaitu luring dan daring, salah satunya yaitu Kuliah Kerja Nyata (KKN). 

KKN Tematik Undip yang bekerja sama dengan Exovillage ini menawarkan kemudahan kepada para mahasiswa untuk dapat melakukan KKN pada wilayah masing-masing. Wilayah tersebut mencakup wilayah seluruh Indonesia sesuai dengan persebaran tempat tinggal mahasiswa yang mengikuti KKN saat ini. Persebaran wilayah ini memberikan kelebihan dalam keberjalanan program pengembangan potensi desa ini karena tidak hanya berfokus pada satu wilayah tertentu namun mencakup seluruh Indonesia. 

Program Pengembangan Potensi Desa yang dilakukan mahasiswa KKN Tematik Undip x Exovillage menjadi salah satu bentuk upaya dalam percepatan pengembangan potensi-potensi desa yang sudah seharusnya banyak dikenal oleh masyarakat luas. Dengan bantuan dari platform Exovillage, potensi-potensi desa di Indonesia dapat lebih dikenal luas oleh masyarakat seluruh Indonesia yang ingin mencari tahu spot-spot desa tertentu sesuai pilihan Anda. 

Pandemi Covid-19 yang sudah berjalan hampir 2 tahun lamanya, dengan berbagai keterbatasan yang ada mengharuskan banyak pelaku usaha salah satunya sektor wisata untuk berpikir kreatif dan inovatif dalam mengembangkan potensi-potensi yang mereka miliki. Hal ini berkaitan dengan pentingnya promosi terhadap potensi yang dimiliki agar lebih dikenal oleh masayarakat, salah satu bentuk promosi yaitu melalui media digital menggunakan platform Exovillage. 

Platform Exovillage memudahkan para mahasiswa untuk membantu para pelaku usaha terutama sektor wisata untuk mempromosikan potensi yang sebelumnya banyak belum tersentuh oleh platform digital. Bentuk promosi yang diberikan yaitu kemudahan bagi para wisatawan untuk mengakses dan menggali informasi terkait apa saja potensi yang dimiliki di wilayah tertentu dengan cepat dan mudah. Selain itu, para wisatawan juga dapat melihat foto-foto tempat wisata secara real dan apa adanya. Serta dapat membaca informasi terkait tempat wisata yang menjadi pilihan para wisatawan. 

Dengan adanya program kerjasama antara Mahasiswa KKN Tematik Undip dengan Exovillage ini diharapkan pemerataan promosi potensi desa terutama potensi wisata dapat semakin dikenal dan menjadi jalan bagi para pelaku usaha terutama wisata untuk dapat mengembangkan perekonomian di masa pandemi Covid-19 ini. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline