Lihat ke Halaman Asli

Wahju Tjahjo Saputro

Teknologi Informasi UMPWR

Tim 11 KKN berkontribusi dalam memajukan desa Kebongunung Loano Purworejo Melalui Berbagai Kegiatan

Diperbarui: 2 Februari 2024   23:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Balai Desa Kebongunung Purworejo

Tim 11 KKN Universitas Muhammadiyah Purworejo yang diterjun ke Desa Kebongunung Kecamatan Loano, Kabupaten Purworejo menyelenggarakan tiga kegiatan penting. Pertama Sosialisasi Teknik Kemasan dan Tata Cara Perizinan Produk UMKM diselenggarakan pada Jumat, 19 Januari 2024. Kedua Digital Marketing bagi pelaku usaha UMKM yang diselenggarakan pada Rabu 24 Januari 2024. Ketiga Sosialisasi Pencegahan Stunting dan Pemberian Makanan Tambahan yang diadakan pada Selasa 30 Januari 2024. Keempat penanaman pohon di Embung Punthuk dilaksanakan pada Jumat 2 Februari 2024. Dimana keempat kegiatan tersebut dapat berjalan dengan lancar dan sukses sesuai dengan program kerja yang diusulkan.

Kegiatan pertama pada Jumat 19 Januari 2024 Tim 11 KKN mengundang narasumber Wahju Tjahjo Saputro selaku CEO Integral Coffee Purworejo sekaligus sebagai barista dan roaster kopi. Kegiatan tersebut targetnya para warga sebagai pelaku UMKM di Desa Kebongunung yang menjalankan usaha cukup lama namun ingin meningkatkan teknik kemasan yang baik dan ingin mengetahui cara mengurus ijin berusaha. Seperti NIB, P-IRT dan sertifikasi halal. Di era serba digital saat ini, pelaku usaha dianjurkan untuk paham mengemas produk yang dapat menarik konsumen, memiliki ciri khas pembeda dengan produk lainnya sehingga produk tersebut dapat menarik pembeli dan dapat bersaing dengan produk yang sama. Apabila kemasan dapat tampil dengan menarik maka akan membuat konsumen berniat untuk membeli produk yang dimiliki serta mengingat produk dengan mudah.

Legalitas produk UMKM sangat penting untuk mendapatkan perlindungan hukum,  mempunyai hak eksklusif, merasakan nilai ekonomis, peluang bisnis terbuka lebar, lebih mudah menjual produk. Legalitas juga akan meningkatkan kepercayaan dan penawaran terhadap produk UMKM dari konsumen atau investor. Dengan adanya pendampingan legalitas produk usaha diharapkan masyarakat Desa Kebongunung bisa memahami dan menerapkan dengan baik sehingga bisa membantu pertumbuhan UMKM menjadi lebih maju dan meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

Kegiatan kedua dilaksanakan pada Rabu 24 Januari 2024 di balai desa Kebongunung. Topik yang diusung yaitu digital marketing. Tim 11 KKN kali ini mengundang ibu Dewi Chirzah S.Kom., M.Cs. dosen Program Studi Teknologi Informasi UMPWR sebagai pemateri. Melalui sosialisasi ini diharapkan dapat menambah wawasan serta ide dalam memajukan usaha dari aspek content digital. Target pemasaran difokuskan pada sosial media yang sering digunakan, salah satunya yaitu WhatsApp. Melalui pemasaran digital, pelaku UMKM memiliki kesempatan lebih luas untuk memasarkan produk dan menjangkau pasar yang lebih besar. Pelatihan ini meliputi pembuatan konten menarik, strategi promosi online, serta teknik fotografi dalam pengambilan gambar produk untuk iklan agar lebih menarik.

Sumber: Desa Kebongunung Purworejo

Kegiatan ketiga yaitu Sosialisasi Pencegahan Stunting dan Pemberian Makanan Tambahan pada Balita bertempat di balai desa Kebongunung pada hari Selasa, 30 Januari 2024. Adapun   peserta khususnya dari perempuan di masing-masing dusun yang ada di Desa Kebongunung. Nuansa antusias mengikuti sosialisasi tersebut sangat tampak dari banyak ibu-ibu dan balita yang hadir. Sosialisasi yang dikemas dalam bentuk seminar ini bertujuan agar masyarakat mengetahui upaya pencegahan stunting untuk meningkatkan kualitas kesehatan anak-anak. Penyuluhan ini diisi oleh Mahasiswa KKN Tim 11 yaitu Tasya Nuroktavia yang didampingi oleh Bidan Desa Ibu Indra Fajriyana, A.Md.Keb. Selain sosialisasi mengenai pencegahan stunting, kegiatan ini juga Pemberian Makanan Tambahan untuk balita agar dapat memenuhi kebutuhan gizi anak. Besar harapan agar warga lebih peduli mengenai asupan gizi yang diberikan untuk anak khususnya di masa pertumbuhan.

Sumber: Desa Kebongunung Purworejo

Kegiatan keempat bertajuk menanam pohon bersama Kepala Desa Kebongunung Bpk. Fatah Kusumo Handogo, S.E. kegiatan ini juga dihadiri Tim 11 KKN, DPL bpk. Wahju Tjahjo Saputro, Bpk. Hermanto , Bpk. Roni Pasla, Bpk. M. Zamroni dan Bpk. Malik Umar Chasan selaku aparat desa yang dilakukan pada hari Jumat 2 Februari 2024 pada pukul 09:00 – 11:00. Pelaksanaan menanam pohon dilakukan di Embung Punthuk masih masuk wilayah Desa Kebongunung. Ada pun pohon yang ditanam yaitu pohon Sawo, Kelengkeng, Alpukat, Jati Putih dan Matoa.

Smber: Embung Punthuk Desa Kebongunung Purworejo

Kegiatan menanam pohon diawali dengan pengantar dari Ketua Tim 11 KKN Ahmad Bhukhori Muslim menyampaikan “Penanaman pohon ini merupakan program kampus peduli alam terhadap desa-desa lokasi penerjunan KKN. Kegiatan menanam pohon di Embung Punthuk diharapkan mampu menjaga ekosisitem, pelestarian dan peduli terhadap alam”. Sedangkan DPL KKN Bpk. Wahju Tjahjo Saputro dalam sambutannya ketika serah terima salah satu pohon menyampaikan “Semoga pohon yang ditanam dapat tumbuh dan bermanfaat bagi Embung Punthuk. Semoga program menanam pohon ini dapat berkelanjutan hingga tahun depan dengan jumlah pohon lebih banyak”. Kemudian Bpk. Fatah Kusumo Handogo, S.E. memberikan apresiasi kegiatan ini dengan menyampaikan “Semoga pohon yang ditanam dapat bermanfaat dan barokah bagi warga desa disini”. (Tim 11)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline