Lihat ke Halaman Asli

Wahidan Rahmanu

Mahasiswa Universitas Negeri Malang

Bagi Takjil di Bulan Ramadhan

Diperbarui: 27 Mei 2021   08:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kegiatan Bagi Takjil Disekitar Lingkungan Majelis Nurul Husaini (Gambar Pribadi)

Assalamu'alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

Takjil adalah kata yang sudah tidak asing lagi ditelinga kita, takjil ini sering kali dicari dan diburu oleh masyarakat dikala bulan ramadhan datang, dan biasanya gerai takjil dibuka dari pukul 14.00 hingga 18.00 WIB saat dibulan Ramadhan.

Kata takjil dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) berarti mempercepat dalam berbuka puasa, sedangkan dalam bahasa arab 'ajila yang memiliki arti menyegerakan, sehingga takjil itu sendiri berarti suatu perintah untuk menyegerakan berbuka puasa, ketika adzan maghrib sudah berkumandang. Selain itu menyegerakan berbuka puasa sangat dianjurkan dalam islam, sebagaimana Rasulullah memberikan suri tauladan kepada kita.

Bagi takjil di bulan puasa sudah merupakan suatu tradisi yang dilakukan oleh sebagian masyarakat hampir disetiap bulan ramadhan terdapat beberapa orang yang gemar membagikan takjil secara gratis (tidak dipunut biaya) dengan tujuan mendapatkan pahala dari kegiatan yang telah dilakukan tersebut, hingga ada beberapa orang yang menghabiskan ratusan juta untuk mengadakan kegiatan bagi takjil itu dan dengan tujuan semata-mata untuk mengharap ridho Allah SWT.

Alasan lain akan antusiasme masyarakat dalam mengadakan kegiatan bagi takjil adalah balasan dari sang pencipta-Nya, yaitu ketika memberi takjil untuk berbuka puasa kepada orang yang berpuasa, pahalanya sama dengan orang yang berpuasa ituu sendiri, seperti halnya yang tertulis dalam H.R Tirmizi yang memiliki arti sebagai berikut:

"Barangsiapa memberi buka puasa bagi orang puasa, maka ia mendapatkan seperti pahala orang yang berpuasa, tanpa mengurangi pahala orang yang puasa sedikitpun"

Kegiatan Bagi Takjil Dijalan Raya (Majelis Nurul Husaini) (Gambar Pribadi)

Tujuan dari kegiatan bagi takjil sejatinya untuk membantu sesama kaum muslimin yang menjalankan ibadah puasa pada bulan ramadhan, sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama. Akan tetapi dalam proses pembagiannya tidak memandang siapapun, berarti meskipun ia tidak satu keyakinan juga bisa mendapatkan takjil secara gratis, sebagai salah satu bentuk toleransi sesama umat beragama.

Manfaat dari adanya kegiatan Bagi takjil secara gratis itu sendiri yaitu membantu sesama yang sedang berada dalam perjalanan hingga membantu mereka yang kekurangan, dan sebagai bukti nyatanya, banyak orang yang merasa terbantu dan senang, mulai dari anak-anak hingga orang lanjut usia.

Harapan yang diinginkan dari kegiatan bagi takjil yaitucc sehingga akan lebih banyak lagi yang terbantu melalui kegiatan bermasyarakat atau pengabdian ini.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline