Lihat ke Halaman Asli

Moch Wahib Dariyadi

Ahli Media Pembelajaran

Pelatihan Camtasia untuk Guru Bahasa Arab

Diperbarui: 28 November 2020   08:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Universitas Negeri Malang (UM) melalui Tim Pengabdian kepada Masyarakat (TPM)  Jurusan Sastra Arab UM menggelar kegiatan bertajuk ‘Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Untuk Pengajar Bahasa Arab Dengan Camtasia Studio’.  Kegiatan pelatihan ini berlangsung sejak tanggal 26  sampai dengan 31 Oktober 2020 yang diselenggaran secara virtual dan juga asinkron pada website arabiyatuna.com.

Ketua Panitia penyelenggara yang sekaligus ketua tim IT Jurusan, Moch. Wahib Dariyadi, M.Pd. menyampaikan bahwa semua pengajar diharapkan memiliki keterampilan membuat video pembelajaran di tengah situasi pandemi Covid 19 ini. Kemampuan IT pada saat ini sudah menjadi kebutuhan mendesak bagi para pengajar. Video yang dibuat  akan memudahkan penyampaian materi dan juga mampu menimbulkan semangat belajar secara daring. Kegiatan ini melibatkan para pengajar bahasa Arab dari berbagai penjuru Indonesia, yang terdiri atas para guru, dosen, dan ustadz di pondok pesantren. Jumlah keseluruhan peserta mencapai 1345  orang. Wahib berharap kegiatan ini memberi manfaat bagi pengembangan profesionalisme guru dan sumbangsih pada perkembangan pembelajaran bahasa Arab di Indonesia.

Dalam sambutannya, Dr. A. Munjin Nasih, M.Ag selaku sekretaris Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) mengapresiasi kegiatan pengabdian ini. Pelatihan ini, menurut beliau, adalah kegiatan pelatihan dengan jumlah peserta terbesar  dari kegiatan pengabdian  yang di selenggarakan UM pada tahun ini. Beliau menyampaikan juga agar Kegiatan pelatihan ini memberikan imbas positif bagi  guru pada masing-masing jenjang. Beliau juga menyampaikan, dalam situasi pandemi saati ini, video untuk pembelajaran ini sangat penting karena siswa banyak mengeluhkan, pada saat ini mereka terbatas banyak diberi tugas, sementara materi belum  dijelaskan secara optimal. Dengan pelatihan pembuatan video pembelajaran ini, guru diharapkan  mampu menyampaikan materi dengan jelas. Peserta pelatihan hendaknya memanfaatkan moment pelatihan ini dengan sebaik-baiknya agar bisa berhasil sesuai harapan dan kemudian dapat menerapkan materi pelatihan dalam proses belajar mengajar di kelas.

Materi pelatihan secara teoritis  disampaikan pada pertemuan hari ke-1 langsung oleh Guru Besar Jurusan Sastra Arab UM, Prof. Drs. Muhaiban yang menyajikan materi “Asas memilih dan membuat media untuk  keterampilan membaca (maharah qiraah) dan keterampilan menulis ( maharah kutabah). Prof Muhaiban menyampaikan bahwa dalam memilih media harus ditekankan pada asas kebermanfaatan media tersebut, sesuai dengan jenjang dan kebutuhan peserta didik. Materi ke 2 yang disampaikan oleh  Dr. Hanik Mahliatussikah, M. Hum adalah "Asas Memilih dan membuat Media untuk keterampilan mendengar ( maharah istima) dan keterampilan berbicara (maharah kalam). Bu Hanik yang juga ketua Jurusan Sastra Arab UM ini menyampaikan bahwa media yang baik itu adalah media yang mampu mengakomodir kemampuan daya serap siswa. Sedangkan materi online selama 6 hari berturut turut  disampaikan via asinkron oleh Moch Wahib Dariyadi, M.Pd.  Materi yang disampaikan meliputi Instalasi Aplikasi Camtasia Studio,  Pengenalan Tool, Fitur dan Cara kerjanya, Merekam Video, Editing Video, animasi dan teks arab, Rendering dan Publish.

Kegiatan pelatihan ini sangat diapresiasi oleh para peserta pelatihan. Sebanyak 98%  peserta menyatakan bahwa mereka mendapat manfaat dari pelatihan ini. Menurut mereka program ini sangat menarik dan mudah untuk diaplikasikan.  Semoga kegiatan pelatihan ini dapat memberikan manfaat yang maksimal sehingga guru-guru menjadi lebih mantap, profesional dalam mengemas pembelajaran yang lebih inovatif dan edukatif.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline