- Persaingan dalam bisnis adalah hal yang alamiah untuk mendapatakan keuntungan. Semakin hari persaingan dalam sector perdagangan sembako semakin ketat. Hal ini disebabkan pasar sembako tidak mengenal musim, dalam artian kebutuhan akan sembako di masyarakat selalu dicari setiap harinya. Dalam hal tersebut maka banyak pedagang sembako yang mengambil peluang tersebut. Sehingga persaingan semakin kompleks.
- Dari hasil penelitian menunjukan bahwa persaingan usaha pedagang sembako meliputi empat aspek yaitu harga, pelayanan, dan tempat. Dari ke empat aspek tersebut terdapat persaingan tidak sehat dari segi harga masih di temukannya pedagang yang membanting harga atau menurunkan harga. Adanya hal tersebut mengakibatkan pendapatan pedagang tidak stabil setiap bulannya. Tentu hal ini bertentangan dengan etika bisnis Islam dalam kegiatan usahanya.
- Strategi bisnis merupakan arah yang akan ditempuh suatu organisasi atau pun toko dalam rangka menjalankan misi bisnis guna mencapai visi bisnisnya atau bisa disebut dalam mencapai tujuan bisnisnya melindungi dirinya terhadap tekanan persaingan. Salah satu bentuk persaingan usaha yang sedang penulis teliti adalah persaingan usaha pedagang sembako di Jalan Untung Suropati Pontianak. Dalam era persaingan global dan kompetisi yang semakin ketat saat ini,toko harus mampu melakukan terobosan dan inovasi baru dengan menggunakan seluruh sarana dan teknologi yang tersedia untuk tetap dapat hidup dan berjalan dengan sedemikian rupa.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H